Konsep Marketing : Pengertian, Fungsi dan Contoh Nyata

Dalam sebuah manajemen perusahaan tentu memiliki konsep dalam mengembangkan bisnisnya. Contoh konsep perusahaan yang sangat penting adalah konsep marketing.

Marketing adalah ujung tombak dari suatu perusahaan. Adanya marketing membuat perusahaan dapat dikenal oleh konsumen dan orang lain. Produk yang dimiliki perusahaan juga dapat terjual dengan mudah melalui bantuan marketing.

Keberhasilan marketing dapat berjalan dengan baik jika memiliki konsep yang bagus. Konsep pemasaran atau konsep marketing ini erat hubungannya dengan konsep penjualan. Sebenarnya apa arti konsep marketing itu? Simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Konsep Marketing

Konsep marketing adalah suatu serangkaian aktivitas yang memiliki maksud dan tujuan untuk memasarkan produk agar meraih keuntungan bagi perusahaan.

Dalam praktek langsung dilapangan, untuk mencapai target dan tujuan tidak sebatas langsung menawarkan produk ke konsumen. Ada langkah-langkah yang harus dilakukan supaya tujuan marketing tercapai.

Langkah dalam marketing tersebut yang nantinya akan disebut dengan konsep. Mulai dari perkenalan produk, menjelaskan manfaatnya dan lainnya.

Fungsi Konsep Marketing

Konsep marketing memiliki beberapa fungsi dalam sebuah bisnis. Ini kenapa bagi suatu perusahaan tidak hanya sekedar melakukan kegiatan penjualan tanpa dipikirkan, direncanakan dan dengan tujuan yang jelas. Nah, fungsi konsep marketing adalah sebagai berikut:

  • Nilai, Biaya, dan Kepuasan

Nilai, biaya, dan kepuasan tolak ukur sebenarnya adalah si konsumen itu sendiri. Alasannya karena setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda terutama dalam memenuhi kebutuhannya.

Contoh sederhananya, saat seorang pelajar memuaskan diri, dia lebih suka naik angkutan umum dibanding naik kendaraan pribadi. Padahal dari segi biaya dan nilai, naik angkutan umum lebih mahal. Selain itu, waktu sampai ke sekolah juga lama.

Dengan konsep marketing membantu konsumen memberikan pemahaman tentang hal itu. Jadi, kamu bisa jelaskan produk yang dimiliki. Mulai dari segi keunggulan, harga, dan apa yang akan dirasakan si konsumen hingga puas.

  • Pertukaran dan Transaksi

Fungsi konsep ini juga sebagai pertukaran dan transaksi. Dimana terdapat persyaratan dan persetujuan di antara  kedua pihak, mulai dari proses pengenalan produk, hingga terjadi transaksi.

Secara tidak langsung, terjadi juga pertukaran uang dan produk yang kamu miliki. Pertukaran dan transaksi ini dilakukan atas dasar suka sama suka dan tidak ada yang namanya keterpaksaan.

  • Hubungan dan Jaringan

Fungsi lainnya juga sebagai sarana menjalin sebuah hubungan dan jaringan. Marketing yang kamu jalankan akan berhadapan langsung dengan banyak orang. Kamu tidak mengenal mereka sebelumnya, begitu juga para calon konsumen tersebut.

Marketing baru terjadi jika komunikasi terjalin di dalamnya, tetapi saat komunikasi pertama terjadi, tidak selamanya langsung terjadi transaksi. Minimal kamu sudah dapat database-nya dan sudah bertambah masyarakat umum yang mengenal produk kamu.

  • Mendapatkan Pasar

Selama kamu belum melakukan aksi nyata, sebenarnya pasar kamu belum diketahui dengan pasti. Maka dari itu, dengan adanya konsep ini, kita diharapkan dapat menemukan pasar yang konsumennya tidak hanya sekedar ingin membeli, tapi butuh, sehingga mereka pun membeli kembali.

Contoh Konsep Marketing

Agar lebih dapat memahami tentang konsep marketing, silahkan pelajari contoh konsep di bawah ini:

Sebuah produk perusahaan bernama Dell Computer. Si Pemilik (Michael Brand) membuat brand berdasarkan dengan kebutuhan konsumen. Komputer yang dibuat berkualitas bagus.

Dari keunggulan produk yang dimiliki, si pemilik menambah fitur yang menjadi keunggulan dari produk tersebut. Sampai pada akhirnya, si pemilik membuat website sendiri dan memasarkan melalui websitenya.

Saat ini, produk komputer Dell sudah dikenal sampai ke belahan dunia. Hal ini karena didorong oleh keinginan untuk membuat konsep produk bagus yang dibutuhkan masyarakat dan memiliki ciri khas supaya mudah dikenal.

Dengan kamu mengetahui konsep ini, apakah sudah ada gambaran ingin ber-marketing seperti apa? Kira-kira bagaimana langkah awal membuat produk? Pastikan tahu kebutuhan konsumen, buat yang lebih bagus dari buatan pabrik dan memiliki ciri khas dari produk kamu, lalu pasarkan.


Jika kamu membaca tulisan ini sampai habis, kemungkinan besar kamu adalah seseorang yang memiliki website ataupun tertarik dengan digital marketing. Pada Website ini saya membahas berbagai macam topik tentang digital marketing, mulai dari tutorial ataupun tips & trik. Berikut beberapa tulisan saya lainnya :

  1. Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips
  2. Facebook Ads Tutorial 2020 [Tahapan Lengkap + Contoh dan Hasil Iklan]
  3. Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]
  4. Email Marketing : Panduan Cara Menggunakan Secara Gratis! [2020]
  5. Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Lebih suka versi video ? kamu bisa kunjungi Website saya di : Youtube Ihsan Santoso. Salah satunya adalah cara membuat website untuk seseorang yang tidak bisa koding :

Saya akan membahas berbagai macam hal terkait digital marketing dan kita bisa berdiskusi disana. Sampai jumpa 😊

Leave a Comment