Email Marketing : Panduan Cara Menggunakan Secara Gratis! [2020]

Apakah saat ini kamu sedang memelajari email marketing ? kamu datang ke tempat yang tepat karena…


Apa itu Email Marketing

Email marketing adalah sebuah strategi marketing yang menggunakan email sebagai media utamanya, sesuai dengan namanya.

Jadi apakah email marketing itu = broadcast email ke semua orang ? tentu saja tidak, untuk mendapatkan hasil yang optimal kita harus melakukan berbagai taktik pada email marketing.

Mulai dari mencari alamat email dari calon target market kita, membuat segmentasi email, membuat email yang memiliki hasil dan sejenisnya. 

Pada artikel ini saya akan membahas dasar dari email marketing beserta contoh awal penggunaan email marketing untuk sebuah bisnis ataupun persona projectmu, misal blog pribadi.

Kenapa Email marketing penting ?

Saya tanya, apakah kamu mungkin menikah dengan orang yang baru pertama kali kamu temui dan tidak mengenalnya sama sekali ? sepertinya tidak ya. 

Itu anekdot yang sering digunakan untuk menjelaskan tentang mengapa email marketing itu penting, inti dari email marketing adalah membangun hubungan baik kepada calon customer atau kepada customer.  

Marketing funnel adalah istilah yang menjelaskan konsep ini lebih jelas. Pendek kata, marketing funnel membagi tahapan seorang konsumen dari baru “nge’eh” (aware) hingga merekomendasikan produk kita keorang lain. Jika kamu tertarik mendalami konsep ini, kamu dapat membaca artikel saya terkait ini di : Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips

Kemudian dimana peran email marketing ? peran email marketing adalah untuk menjadikan orang yang sudah tertarik dengan produk kita menjadi customer. Kenapa yang sudah tertarik ? karena cuma mereka yang sudah tertarik dengan produk kita yang mau memberikan data email mereka.

Selain menjadikan orang yang sudah tertarik menjadi customer, email marketing  juga berfungsi membangun hubungan yang lebih baik kepada customer kita yang sudah ada. Sebagai pebisnis kita pasti ingin seseorang membeli sesuatu dari kita berkali kali, apapun produknya. Mulai dari makanan hingga jasa.

Itulah mengapa memabangun email marketing yang solid dapat menjadikan usahamu berkembang dan bertahan. 

Bagaimana Cara Melakukan Email Marketing

Untuk dapat melakukan email marketing kamu harus paham prosesnya secara keseluruhan, gambar dibawah akan memberikan gambarannya secara ringkas.

  • Dari gambar diatas kita mengetahui bahwa tahap awal ketika membuat sebuah email marketing, kita harus memiliki alatnya terlebih dahulu. Pada artikel ini saya akan mengulas salah satu alat email marketing yang saya gunakan secara dasar (tidak mendetail). 
  • Setelah kita memiliki alatnya, tahapan selanjutnya adalah membuat orang memberikan alamat emailnya ke kita. Kamu dapat membuat landing page/materi dan sejenisnya agar seseorang mau memberikan data emailnya ke kita.
  • Setelah mendapatkan kepercayaan, kita akan mendapatkan email dari pengunjung tersebut. Dari sini kita sudah dapat mengolahnya untuk selanjutnya dibuat sebuah kampanye email marketing.
  • Kampanye email ini dapat kamu lakukan tergantung kebutuhan, balik ke pembahasan diatas, kamu dapat menggunakan untuk calon customer atau meningkatkan penjualan ke customer sebelumnya.
  • Setelah kamu melakukan kampanye, kamu dapat melihat bagaimana hasilnya. Apakah berhasil ? apa jauh dari harapan ? kamu perlu mengevaluasi kampanye email marketing untuk kampanye kedepannya. 

Kurang lebih seperti itu tahapan email marketing secara kasar. Mungkin kamu sekarang sudah ada gambaran tentang tahapan email marketing. Sekarang kita akan masuk kebagian bagaimana mengimplementasikan email marketing di website kita (khususnya wordpress). Jika kamu belum memiliki website, kamu dapat membangunnya dengan panduan membuat website saya di : Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduan Lengkap 2020]

Subscribe untuk update tutorial, tulisan dan materi terbaru. Gratis

Artikel Terbaru

Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips

Ketika kamu menemukan artikel ini kemungkinan besar kamu sedang bertanya tanya, bagaimana ya caranya untuk mulai belajar digital marketing ? mungkin kamu...

Marketing Funnel : Cara Profit Terus Menerus [Panduan + Contoh]

Ketika membangun sebuah usaha, kamu seperti membuat sebuah "jalan tol". Perlu ada perencanaan terlebih dahulu agar usaha kamu dapat berjalan dengan lancar....

Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Bagaimana cara membuat website dengan wordpress ? kamu datang di artikel yang tepat, karena...

Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Pada artikel ini akan dibahas tentang fungsi google analytics, cara memasangnya serta cara membaca google analytics. Kamu juga akan melihat data asli...

Google Search Console untuk Pemula [Panduan dan Contoh]

Ketika kamu mencari tentang artikel ini, mungkin kamu ingin mengetahui cara menggunakan google search console. Selain cara menggunakan, kamu datang artikel yang...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox