KPI Marketing : Pengertian, Fungsi, Cara Membuat dan Contoh

Sebuah perusahaan tentu memiliki visi, misi, dan target tertentu yang berbeda antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Untuk mewujudkan semua itu diperlukan karyawan andal dan teruji, terutama bagian marketing. Dalam mengukur kemampuan mereka, kamu bisa mencoba dengan KPI Marketing.

Pengertian KPI Marketing

Apakah kamu pernah dengar istilah KPI (Key Performance Indicator) marketing? KPI marketing adalah suatu alat ukur yang biasa digunakan untuk keperluan dalam sebuah pencapaian, target dan misi sebuah perusahaan.

Dalam penerapannya, KPI ini sering dilakukan dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Hal ini wajib dan penting dilakukan oleh setiap perusahaan yang ingin performa karyawan meningkat.

Performa dan kinerja karyawan yang meningkat memudahkan dalam pencapaian sebuah visi dan target perusahaan. Jenis dari KPI marketing dalam pemasaran sendiri terbagi 8, yaitu:

  • Sales Volume
  • Marketing ROI (Return on Investment)
  • Sales Revenue
  • MQL (Marketing Qualified Lead)
  • Customer Retention
  • CPL (Cost per Lead)
  • Cost Customer Acquisition (CAC)
  • SQL (Sales Qualified Leads)

Fungsi KPI bagi Sebuah Bisnis:

Jika kamu sudah tahu pengertian KPI marketing, ternyata fungsinya sangat banyak sekali. Di antaranya sebagai berikut:

  • Penyemangat Kerja

KPI wajib diketahui oleh semua karyawan yang menjalankan tugas dari perusahaan. Orang yang melakukan penilaian atau menjalankan KPI ini wajib mendistribusikannya  ke semua karyawan tanpa terkecuali.

Dalam sebuah perusahaan, hampir 80% semuanya menginginkan perubahan, baik dari segi pendapatan yang diterima, kinerja dan lainnya. Kamu juga bisa sambil melakukan survei kepada karyawan kira-kira apa yang mereka inginkan.

Harapannya, jangan sampai ada karyawan yang tiba-tiba keluar atau resign karena ada sesuatu hal yang masih belum kamu penuhi hak dan kewajibannya.

  • Mengukur Performa

Performa bisnis kamu juga dapat diukur dengan adanya KPI ini. Kamu dapat mengetahui sejauh mana bisnis yang kamu geluti mengalami perkembangan atau penurunan. Jika terdapat penurunan, maka akan segera diketahui penyebabnya dan upaya untuk memperbaikinya.

Fungsi KPI untuk mengukur performa bisnis bisa dilihat efisiensi dari jumlah karyawan dan produksi. Dengan karyawan yang ada apakah produksi meningkat atau menurun. Kamu juga bisa mengetahui apakah ingin menambah karyawan atau tidak hanya dengan KPI ini.

  • Mengasah Kemampuan

Fungsi KPI itu untuk membuat suatu bisnis berjalan dengan lebih efektif. Jadi, dalam perjalanannya bisnis harusnya ada pemegang tanggung jawab baik untuk produksi, karyawan dan lainnya.

Pemimpin perusahaan tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Untuk itu harus dipecah pemegang tanggung jawab ke bagian yang lebih kecil supaya lebih terpantau lagi kekurangan dari setiap bagian di perusahaan.

Cara Membuat KPI yang Efektif

Cara membuat KPI sebenarnya cukup mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Kumpulkan data. Kamu bisa dengan mempelajari laporan data perusahaan.
  • Buat analisis pertanyaan. Kamu bisa membuat rancangan pertanyaan atau semacam survei ke karyawan.
  • Membuat KPI. Jika sudah langsung membuat KPI yang spesifik, berbobot, sesuai tujuan bisnis dan realistis.

Contoh KPI Karyawan Digital Marketing

Untuk memudahkan kamu dalam memahami KPI, silahkan contoh KPI karyawan perhatikan tabel berikut ini:

Digital Marketing
NoGoalBobot
1Membuat Landing pages 10 perhari40%
2Membuat 25 video dan konten artikel untuk blog perbulan30%
3Membuat 40 konten IG, FB dan Twitter perbulan20%
4Membuat 5 email untuk tujuan marketing perbulan10%
Total100%

Dalam pembuatan KPI ini pemimpin harus tahu dan paham dengan masing-masing bagian pekerjaan di perusahaan sesuai tugasnya. Target tidak harus selalu dievaluasi perbulan. Kamu bisa melakukanya dalam 6 bulan sekali atau 3 bulan sekali.

Dengan mengetahui tentang KPI marketing diharapkan bisa lebih meningkatkan performa bisnis kamu. Pastikan dalam membuat KPI supaya terukur, jelas, realistis dan tidak terlalu membebani karyawan.


Jika kamu membaca tulisan ini sampai habis, kemungkinan besar kamu adalah seseorang yang memiliki website ataupun tertarik dengan digital marketing. Pada Website ini saya membahas berbagai macam topik tentang digital marketing, mulai dari tutorial ataupun tips & trik. Berikut beberapa tulisan saya lainnya :

  1. Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips
  2. Facebook Ads Tutorial 2020 [Tahapan Lengkap + Contoh dan Hasil Iklan]
  3. Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]
  4. Email Marketing : Panduan Cara Menggunakan Secara Gratis! [2020]
  5. Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Lebih suka versi video ? kamu bisa kunjungi Website saya di : Youtube Ihsan Santoso. Salah satunya adalah cara membuat website untuk seseorang yang tidak bisa koding :

Saya akan membahas berbagai macam hal terkait digital marketing dan kita bisa berdiskusi disana. Sampai jumpa 😊

Leave a Comment