Marketing 4.0 : Pengertian, Strategi dan Cara Implementasi

Perkembangan ilmu marketing semakin meningkat dari hari ke hari. Mulai dari era marketing 1.0, hingga sampai saat ini sudah sampai pada marketing 4.0. Apa perbedaan antara marketing terdahulu mulai dari 1.0, 2.0. 3.0 sampai 4.0?

Marketing 1.0 lebih menitik beratkan pada menjual produk sebanyak-banyaknya, marketing 2.0 berfokus utama pada konsumen, sedangkan untuk marketing 3.0 titik beratnya pada pengusaha. Nah, marketing 4.0 adalah gabungan dari semuanya.

Untuk lebih memahami secara mendalam tentang apa itu marketing 4.0, kamu bisa pelajari ulasan di bawah ini.

Pengertian Marketing 4.0

marketing 4.0 2

Pengertian marketing 4.0 merupakan suatu strategi yang digunakan dengan cara melakukan pendekatan dengan menggabungkan antara online dan offline, sehingga dapat menghubungkan pengusaha dengan konsumen.

Secara tidak langsung, dalam proses pelaksanaannya, marketing 4.0 ini tidak hanya sebatas offline tapi juga online. Jadi, konsumen juga akan merasa puas karena bisa mendapatkan  dua layanan sekaligus.

Online memudahkan bagi konsumen atau pelanggan yang hanya bisa berinteraksi dari rumah. Begitu juga sebaliknya, untuk konsumen tertentu yang tidak bisa online bisa datang ke perusahaan langsung.

Marketing 4.0 Menggunakan Pendekatan 5A

Dalam marketing 4.0 ini kamu bisa menggunakan pendekatan 5A. Apa itu pendekatan 5A? Pendekatan 5A merupakan kepanjangan dari Aware, Appeal, Ask, Act and Advocate. Berikut ulasan selengkapnya:

Aware

Dalam tahapan aware, konsumen sudah tahu brand atau produk yang dimiliki oleh perusahaan. Mereka tahu produk perusahaan baik dari spanduk, iklan maupun brosur.

Dari brosur, sudah jelas bahwa kamu adalah pemilik produk tersebut. Misal pelanggan tahu bahwa kamu seorang pengusaha sepatu bola dari brosur yang dibagikan di stand pemasaran.

Appeal

Pada tahap appeal ini, si konsumen mulai suka, senang, minat dan tertarik dengan produk kamu. Konsumen mulai mempertimbangkan untuk membeli dan memikirkannya apakah memang dibutuhkan atau tidaknya.

Misal kamu bisa meminta testimoni dari pelanggan, sehingga konsumen yang mendengar dan tahu mulai mengenal bahwa sepatu bola kamu bagus dan berkualitas.

Ask

Pada tahap ask ini, konsumen mulai menggali lebih jauh tentang produk yang kamu miliki. Mereka mulai menanyakan apa pun terkait produk supaya hatinya lebih mantap untuk menggunakannya dan sesuai dengan uang yang dimiliki si konsumen.

Act

Pada tahap act ini, konsumen sudah mulai melakukan aksi atau tindakan untuk membeli produk kamu. Hal ini karena konsumen sudah merasa yakin dan mantap dengan produk milikmu, sehingga memutuskan untuk membeli.

Misal kamu pastikan konsumen untuk jadi membeli produk kamu. Berikan layanan terbaik karena pada tahap ini konsumen mulai membeli produk sepatu bola kamu.

Advocate

Untuk tahapan yang terakhir, konsumen sudah menjadi pelanggan setia kamu. Langkah kamu selanjutnya supaya pelanggan tidak pergi bisa dengan memberikan feedback, diskon, tambah pelayanan dan lainnya. Misal diskon sepatu bola untuk pembelian ke 3 dengan menyerahkan bukti pembelian.

Cara Mengimplementasikan Strategi Marketing 4.0 secara Efektif

Agar marketing 4.0 ini bisa berjalan sesuai dengan harapan, kamu harus mengetahui cara mengimplementasikan strategi marketing 4.0 ini. Berikut caranya:

  • Optimalkan seluruh media pemasaran. Kamu bisa manfaatkan semua secara optimal mulai dari radio, brosur, pamflet, website, media sosial dan lainnya.
  • Berikan solusi ke konsumen. Misalnya anak SMA sedang ingin melakukan lomba sepak bola, tapi tidak memiliki sepatu karena kondisi keuangan. Kamu bisa masuk sebagai pemberi solusi, mungkin bisa dengan sistem kredit atau lainnya.
  • Mempraktikkan antropologi digital. Pada langkah ini kamu gabungkan antara pendekatan langsung ke manusia dan dengan pendekatan melalui teknologi. Pastikan sering terjadi interaksi baik secara langsung atau online.

Sudah siap mempraktekkan marketing 4.0 ini? Dalam marketing 4.0 kamu harus menguasai teknologi karena sangat berperan penting dalam kesuksesan model pemasaran ini terutama untuk interaksi langsung dengan manusia melalui digital.


Jika kamu membaca tulisan ini sampai habis, kemungkinan besar kamu adalah seseorang yang memiliki website ataupun tertarik dengan digital marketing. Pada Website ini saya membahas berbagai macam topik tentang digital marketing, mulai dari tutorial ataupun tips & trik. Berikut beberapa tulisan saya lainnya :

  1. Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips
  2. Facebook Ads Tutorial 2020 [Tahapan Lengkap + Contoh dan Hasil Iklan]
  3. Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]
  4. Email Marketing : Panduan Cara Menggunakan Secara Gratis! [2020]
  5. Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Lebih suka versi video ? kamu bisa kunjungi Website saya di : Youtube Ihsan Santoso. Salah satunya adalah cara membuat website untuk seseorang yang tidak bisa koding :

Saya akan membahas berbagai macam hal terkait digital marketing dan kita bisa berdiskusi disana. Sampai jumpa 😊

Leave a Comment