Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Bagaimana cara membuat website dengan wordpress ? kamu datang di artikel yang tepat, karena…

cara membuat wordpress

Website hingga saat ini masih penting walaupun sekarang sudah banyak sosial media dan marketplace. Kok bisa? karena ada beberapa kelebihan website seperti : 

  1. Itu milikmu, jadi kamu dapat mengatur websitemu berdasarkan kebutuhan.
  2. Kamu bisa mendapatkan kunjungan dari google melalui SEO
  3. Kamu dapat memperoleh data dengan lengkap jika dibanding sosial media.
  4. Website cocok untuk jangka panjang, karena ketika berjualan di sosial media kesuksesan kamu ditentukan algoritma sosial media tersebut.
  5. Dan masih banyak lagi tentunya.

Jadi, gimana cara membuat sebuah website ? kamu dapat membangun website kamu dengan wordpress (perlu di ingat ini berbeda dengan wordpress.com). 

Teknologi ini disebut Content Management System, pendek kata dengan CMS ini kamu dapat membuat website tanpa perlu coding. 

Sebelum kita mulai, kira kira ini tahapan dalam membangun website dengan wordpress agar kamu mendapat gambarannya. 

Sekarang, ayo kita mulai.

1. Tentukan kamu mau membuat website jenis apa

Bisa dibilang ada 2 jenis utama website, website yang bertujuan fokusnya adalah konten dan website untuk jualan. Jika kamu ingin membuat website untuk konten maka kemungkinan besar kamu akan menggunakan iklan sebagai sumber pendapatan utama, sehingga kamu perlu kunjungan/traffic yang jumlahnya besar.

Sedangkan jika kamu memiliki produk, kamu akan berfokus pada penjualan produkmu. Entah produk digital ataupun fisik. Ketika kamu berjualan, kamu tidak perlu traffic yang terlalu tinggi jika dibandingkan website konten. 

Kamu dapat menghasilkan ratusan juta dengan traffic 10ribu perbulan namun setengahnya membeli produkmu, sedangkan untuk berbasis konten kamu perlu traffic jutaan karena pendapatan kamu adalah perorang datang.

Jenis website yang bisa dibuat dengan wordpress tidak hanya diantara dua itu, kamu juga bisa membuat website pribadi seperti blog saya ini, website jasa, website profile perusahaan dan sejenisnya.

Sudah tau ingin membuat website apa ?

2. Tentukan nama websitemu

Apakah menentukan nama website penting ? tentu saja, karena orang mengingat usaha atau website kita dengan sebuah nama kan ? nama yang baik adalah nama yang mudah dihafalkan, ditulis dan relevan dengan websitemu.

Gambar dibawah ini menyimpulkan contoh baik dan contoh buruk untuk kamu yang ingin menentukan sebuah nama websitemu.

Sedangkan nama belakang seperti .com, .id, net, dan sebagainya adalah tergantung preferensi kamu. Akan tetapi juga ada domain yang perlu verifikasi data seperti .co.id, .gov.id misalkan. Masing masing jenis domain memiliki harga yang berbeda.

Sudah terpikirkan mau kasih nama apa websitemu beserta jenis domainnya ? 

Jika sudah, tahap selanjutnya adalah “membeli” namamu tersebut. 

3. Membeli domain dan hosting dari penyedia jasa hosting

Apa itu domain dan hosting ? pendek kata, Jika menganalogikan websitemu adalah usaha, kamu perlu tanah/kavling untuk dapat membangun bangunan/ruko, nah hosting itu ibaratnya kavling digital.

Sedangkan domain itu ibarat alamatnya, misal kalau kamu sewa kavling di jl tebet barat no 6. Sedangkan untuk offline kamu menyewa hosting dan beralamat domain, misalkan jualbotolcustom.com

Kamu bisa membeli di penyedia jasa hosting domain, ada cukup banyak pilihannya. Salah satunya jdhosting.com,

Saya menggunakan contoh ini karena saya punya hosting dan domain yang tidak terpakai jadi saya menggunakan contohnya disini.  Website ini (ihsansantoso.com) sendiri menggunakan layanan dari dewaweb.com. 

Terserah kamu mau beli dimana karena kurang lebih proses pembeliannya adalah :

  1. Cari paket yang paling sesuai, sementara pilih yang paling murah saja. Kamu bisa upgrade nanti
  2. Tentukan nama domain + nama belakangnya (TLD)
  3. Pesan, dan lakukan pembayaran
  4. Hosting dan domain kamu akan aktif beberapa saat. 

Sekarang kamu sudah punya “kavling dan alamat online”. Tahap selanjutnya adalah membangun website melalui dashboard penyedia hostingmu.


Jika kamu tertarik dengan digital marketing, kamu dapat mengunjungi panduan lengkan facebook ads untuk pemula : Facebook Ads Tutorial 2020 [Tahapan Lengkap + Contoh dan Hasil Iklan]


4. Sekarang masuk ke cara membuat website melalui cPanel

Pertama kamu perlu mengakses cpanel. Apa itu cpanel ? pendek kata cpanel itu tempat kamu untuk melakukan setting kavling onlinemu, disini kamu bisa membangun tokomu alias website dengan wordpress. Biasanya kamu akan menemukan cpanel dibagian layanan hosting. 

Ini tampilan cpanel dikebanyakan penyedia layanan hosting.

ada 3 cara menginstall wordpress, kita pilih yang paling populer saja yaitu dengan aplikasi softalicious yang ada di cpanel. Kamu akan menemukanya dengan scroll cpanel ke paling bawah. Klik WordPress.

Kamu akan menemukan tampilan seperti ini. Untuk menginstallnya kamu cukup klik install now, setelah itu kamu perlu mengisi form yang ada. 

Jika kamu bingung mengisinya, berikut cara mudah mengisinya. 

  1. Pilih quick install
  2. Plih wordpress terbaru
  3. URLnya hapus bagian, jadi cukup domainmu saja
  4. Masukan username, password dan emailmu
  5. Skip bagian plugin dan tema untuk saat ini
  6. Sebelum kamu klik install, masukan emailmu lagi
  7. Klik install dan tunggu beberapa saat.

Setelah selesai, kamu akan mendapatkan pesan seperti in. Kamu sekarang bisa langsung mengecek dengan cara membuka websitemu.

Selamat datang di websitemu, sekarang kamu sudah 1 langkah mengetahui cara membuat website. Ini langkah awal kamu untuk mendapatkan jutaan traffic.

Pada halaman kedua, kamu akan dapat mengetahui bagaimana cara menyesuaikan website sesuai kebutuhanmu. Jadi ayo kita masuk ke tahap selanjutnya.

Subscribe untuk update tutorial, tulisan dan materi terbaru. Gratis

Artikel Terbaru

Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips

Ketika kamu menemukan artikel ini kemungkinan besar kamu sedang bertanya tanya, bagaimana ya caranya untuk mulai belajar digital marketing ? mungkin kamu...

Marketing Funnel : Cara Profit Terus Menerus [Panduan + Contoh]

Ketika membangun sebuah usaha, kamu seperti membuat sebuah "jalan tol". Perlu ada perencanaan terlebih dahulu agar usaha kamu dapat berjalan dengan lancar....

Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Bagaimana cara membuat website dengan wordpress ? kamu datang di artikel yang tepat, karena...

Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Pada artikel ini akan dibahas tentang fungsi google analytics, cara memasangnya serta cara membaca google analytics. Kamu juga akan melihat data asli...

Google Search Console untuk Pemula [Panduan dan Contoh]

Ketika kamu mencari tentang artikel ini, mungkin kamu ingin mengetahui cara menggunakan google search console. Selain cara menggunakan, kamu datang artikel yang...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox