Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

5. Pengenalan Dashboard WordPress

Setelah website kamu sudah terpasang wordpress, tahap selanjutnya adalah masuk ke dashboard. Untuk pertama kali, kalau kamu ingin mengakses dashboard caranya adalah dengan membuka

namadomainmu.com/wp-admin

Jadi domainmu ditambahkan “/wp-admin”, kamu bisa menggantinya nanti selain wp-admin. 

Ini form untuk masuk, masukan username dan password yang tadi kamu gunakan ketika melakukan install wordpress tadi. Kemudian klik log-in.

Selamat datang di dashboard wordpressmu.

Jadi, pada wordpress terdapat banyak fitur yang kamu bisa gunakan. Agar kamu tidak kebingungan, saya ringkas kan penjelasannya dengan gambar dibawah.

Kamu saat ini sudah memahami apa saja yang ada didalam wordpress secara umum, sekarang saatnya mulai untuk “mengulik” tampilan dari wordpress

6. Install Template Website

Ini tampilan websitemu saat ini. 

Nggak mungkin dong kamu mau punya website cuma kayak gini ? ini nggak beda jauh dengan blog wordpress.com, percuma kamu bayar hosting dan domain. Tapi tenang, kamu bisa mengubahnya menjadi seperti website profesional dengan mudah.

Sekarang di wordpress ada begitu banyak pilihan tampilan yang menarik dan bisa kamu akses secara gratis. Untuk bisa mengaturnya kita masuk ke pilihan tema.

Untuk mendapatkan tema yang lebih variatif, kamu klik “tema baru”. Disini kamu dapat banyak tema baru secara gratis. Kita akan menggunakan tema yang sedang populer yaitu astra. 

Untuk menggunakan astra, kita hanya perlu search “astra” pada kolom pencarian. Kamu tinggal pilih menu “instal” pada tema astra.

Sekarang sudah terpasang, selanjutnya kamu perlu aktifkan. 

Astra menjadi salah satu tema yang populer karena dia menyediakan berbagai macam pilihan template website yang siap pakai + gratis.

Astra lebih cocok untuk website profil perusahaan atau penawaran jasa, kurang cocok untuk media/blog. 

Akan muncul tulisan ini di dashboardmu, kemudian kamu klik saja pilihan tersebut. Setelah klik kamu akan ditanyakan aplikasi “page builder” apa yang ingin digunakan, pilih elementor.

Setelah itu kamu dapat memilih beragai macam jenis template, ada yang gratis dan berbayar. (jika ada tulisan agency berarti bayar).

Asumsikan kita akan membuat website untuk jasa konsultasi bisnis digital, kita bisa menggunakan template yang bernama “digital agency”. Pilih klik tombol “import complete site” dan langsung klik “import” lagi.

Tunggu beberapa saat untuk proses instalasi template. Setelah seelsai, kamu bisa mengecek hasilnya dengan klik “Visit Site”

Ini dia websitemu sekarang, tampilannya jadi lebih profesional dibanding dengan template sebelumny kan ? 

7. Edit tampilan website sesuai dengan kebutuhanmu

Sebelum masuk ke penyesuaian website, kamu perlu tau struktur website. Pendek kata, struktur website seperti ini

Dari gambar diatas, ketika kita ingin menyesuaikan tampilan website maka yang perlu kita edit terlebih dahulu adalah bagian halaman utama atau homepage. Kita mengedit tampilan ini dengan menggunakan elementor.

Elementor adalah alat yang digunakan untuk menyesuaikan tampilan website tanpa perlu ngoding. Kamu bisa mengedit website dengan cara drag and drop, mirip kamu membuat diagram dengan powerpoint.

Kali ini kita hanya akan menyesuaikan tampilan website, yang sudah ada saja, jadi sekarang kita perlu masuk ke bagian halaman lalu pilih edit.

Masuk ke elementor dengan pilihan edit dengan elementor.

Dan seperti inilah tampilan dari elementor , disini kita bisa langsung mengedit halaman utama kita.

Kamu bisa mengedit tulisan halamanmu secara langsung, sama seperti kamu mengganti tulisan di powerpoint bukan ?

Selain bisa mengganti tulisan, kamu juga bisa mengganti gambar dari halaman ini. Caranya adalah seperti ini, pilih icon biru diatas yang ada ditengah. Lalu pilih bagian style dan kamu bisa mengganti gambar latarnya.

kamu bisa mengupload gambar atau menggunakan gambar yang ada dari library gambar gratis dari pixabay.

Setelah kamu mengganti semua tampilan sesuai keinginan kamu, kamu bisa menyimpan websitemu dengan klik tombol “update”.

Coba kamu cek lagi halaman utama websitemu, sekarang website kamu sudah berubah.

Ini hanya 1 contoh kamu bisa customisasi website kamu sendiri tanpa koding. Ada begitu banyak opsi lainnya yang bisa kamu eksplorasi untuk menciptakan website dengan tampilan sesuai keinginanmu. 

Tidak hanya bisa mengedit, kamu juga bisa membuat halaman dari nol dengan menggunakan elementor. Caranya kurang lebih sama.

Selamat, sekarang kamu sudah bisa membuat website dengan tampilan apapun yang kamu inginkan.

Tinggal 1 tahap lagi sekarang kamu sudah bisa mulai mengembangkan websitemu untuk mendapatkan jutaan pengunjung setiap bulan, yaitu tahap pengaturan optimasi.

Subscribe untuk update tutorial, tulisan dan materi terbaru. Gratis

Artikel Terbaru

Google Search Console untuk Pemula [Panduan dan Contoh]

Ketika kamu mencari tentang artikel ini, mungkin kamu ingin mengetahui cara menggunakan google search console. Selain cara menggunakan, kamu datang artikel yang...

Template Carousel Instagram dan Linkedin [Gratis + Tanpa Syarat]

Kamu sekarang bisa mulai membuat desain konten slide (carousel) dengan alat sederhana yaitu PowerPoint. Saya membuat 5 template sederhana yang bisa kamu...

Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Pada artikel ini akan dibahas tentang fungsi google analytics, cara memasangnya serta cara membaca google analytics. Kamu juga akan melihat data asli...

Hijrah ke Digital Marketing Untuk Profit Yang Berkelanjutan

Hijrah, mungkin kata ini sering digunakan untuk konteks spiritual. Kenyataanya hijrah ini juga bisa bisa gunakan untuk konteks usaha. Inti dari hijrah...

Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Bagaimana cara membuat website dengan wordpress ? kamu datang di artikel yang tepat, karena...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox