Gaji Digital Marketing : Pekerjaan Dengan Prospek Masa Depan

Berapa gaji digital marketing? Ada yang tahu? Digital Marketing memiliki prospek yang bagus untuk masa depan. Kenapa bisa dikatakan demikian? Sebab, sekarang ini media digital perkembanganya sangat pesat dan hampir mengalahkan semua media lainnya yang sudah bertahun-tahun ada.

Kenapa Digital Marketing Memiliki Prospek yang Baik

Prospek digital marketing ke depan begitu cerah. Kamu yang saat ini masih menggunakan cara lama dalam berbisnis, mulai saat ini perlu melebarkan sayap untuk bisa mempelajari ilmu ini.

Ilmu digital marketing tidak hanya penting bukan hanya untuk sarana menambah kemampuan kamu, tapi bisa untuk memajukan perusahaan yang sedang kamu bangun.

Jika kamu bukan seorang pebisnis, kamu tidak akan tahu kalau gaji karyawan digital marketing sangat tinggi sekali, tapi untuk setiap kota memang berbeda-beda tergantung tingkat kemajuan dari kota itu sendiri.

Kenapa digital marketing ini begitu bagus prospek ke depannya? Berikut beberapa alasan lainnya:

  • Model marketing terampuh

Dikatakan demikian karena sekarang ini hampir semua menggunakan media digital. Untuk menjangkau pasar tentu harus tahu cara bermain dengan media yang sering digunakan banyak orang.

  • Lebih efektif

Dulu model periklanan lebih banyak menggunakan radio, surat kabar, dan lainnya. Sekarang media tersebut sudah sangat tertinggal meskipun masih ada yang menggunakannya. Penggunaan media digital dirasa lebih efektif dibanding media-media tersebut.

  • Jangkauan lebih luas

Media digital itu tidak sebatas untuk wilayah Indonesia saja, tapi hampir seluruh dunia bisa menjadi pasar kamu kalau kamu tepat dalam menemukan orang yang ahli dalam digital marketing.

Sumber Pendapatan Seorang Digital Marketing

Mungkin kamu masih bingung digital marketing itu sumber pendapatannya dari mana saja. Kenapa prospek digital marketing sangat penting untuk dipelajari di era ini? Berikut beberapa sumber pendapatan digital marketing yang bisa kamu ketahui:

  • Riset Data

Digital marketing memiliki tugas dan kewajiban dalam meriset data. Beberapa diantaranya banyak yang menggunakan tools untuk mendapatkan data tersebut. Tools yang biasa digunakan seperti Keyword Everywhere, Google Analytics, Google Trend, dan lainnya.

Data yang didapatkan melalui tools tersebut untuk mengetahui data pengunjung, data kompetitor, data yang saat ini sedang trend dan lainnya. Dengan tahu hal ini, akan lebih mudah dalam bersaing di era digital.

  • Konten Digital

Konten digital beragam jenisnya, mulai dari video atau artikel. Sebuah konten digital tidak terbatas hanya pada bagusnya desain saja, tapi lebih ke efektif dan efisien penggunaannya.

Untuk konten digital harus dibuat sekreatif mungkin agar bisa meningkatkan omset. Pembuatan konten ini tidak bisa asal-asalan harus sesuai dengan profil dan kebutuhan perusahaan supaya maksud dan tujuannya tersampaikan.

  • Membuat Landing Page

Landing page sangat erat kaitannya dengan website dan SEO. Nanti tugas dari digital marketing adalah merawat website tersebut baik dari segi performa, SEO, publish konten di dalamnya dan lainnya.

  • Kanal Pemasaran

Seorang digital marketing wajib menguasai berbagai kanal pemasaran. Kanal pemasaran merupakan media yang digunakan dalam pemasaran suatu produk. Ada tiga jenis kanal pemasaran, yaitu i sosial media, website dan marketplace.

Gaji Digital Marketer di Beberapa Perusahaan

Di Indonesia sendiri untuk gaji digital marketing ini variatif, tergantung dengan sekala perusahaannya. Berikut gaji beberapa digital marketing dari perusahaan yang ternama :

NONama PerusahaanJenis PekerjaanGaji
1TokopediaDigital Marketing TokopediaRp10.000.000
2ShopeeDigital Marketing ShopeeRp10.000.000
3L’OrealDigital Marketing Lead L’OrealRp15.000.000
4NestleDigital Marketing Lead NestleRp14.000.000
5AccentureDigital Marketing Lead AccentureRp12.000.000

Gaji digital marketing di Indonesia bisa dibilang sudah lumayan tinggi untuk setiap kota. Paling tidak hanya untuk satu jenis pekerjaan gajinya sudah lumayan besar. Jika kamu bisa merangkap semua kemampuan yang dimiliki digital marketing tentu  gaji kamu akan sangat besar.


Jika kamu membaca tulisan ini sampai habis, kemungkinan besar kamu adalah seseorang yang memiliki website ataupun tertarik dengan digital marketing. Pada Website ini saya membahas berbagai macam topik tentang digital marketing, mulai dari tutorial ataupun tips & trik. Berikut beberapa tulisan saya lainnya :

  1. Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips
  2. Facebook Ads Tutorial 2020 [Tahapan Lengkap + Contoh dan Hasil Iklan]
  3. Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]
  4. Email Marketing : Panduan Cara Menggunakan Secara Gratis! [2020]
  5. Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Lebih suka versi video ? kamu bisa kunjungi Website saya di : Youtube Ihsan Santoso. Salah satunya adalah cara membuat website untuk seseorang yang tidak bisa koding :

Saya akan membahas berbagai macam hal terkait digital marketing dan kita bisa berdiskusi disana. Sampai jumpa 😊

Leave a Comment