Penghasilan Tambahan untuk Kamu yang Sedang Bekerja

Harga berbagai macam kebutuhan mengalami kenaikan. Bagi mereka yang bekerja bisa jadi penghasilan saat ini tidak cukup. Oleh sebab itu mereka memerlukan penghasilan tambahan.

Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Ada banyak beban yang mesti ditanggung khususnya bagi kepala keluarga. Kamu yang saat ini membaca artikel ini pasti memahaminya.

Penghasilan tambahan? Siapa sih yang tidak mau. Namun, kalau harus mengganggu pekerjaan rasanya juga tidak bagus.

Sebenarnya ada banyak alternatif agar kamu yang saat ini bekerja bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus mengganggu pekerjaanmu.

Dalam artikel ini saya akan coba sampaikan 7 cara meraih penghasilan tambahan khusus buat kamu yang masih bekerja. Silahkan simak sampai habis ya!

Investasi Emas

peluang usaha
unsplash.com

Tahukah kamu bahwa dalam jangka panjang emas bisa memberikan penghasilan tambahan yang lumayan.

Januari 2016 harga emas 10 gram berkisar Rp5 juta. Kemudian saat ini tepatnya pada tahun 2020 harga emas 10 gram sudah mencapai angka Rp8 juta.

Dengan demikian dalam jangka waktu 4 tahun keuntungan sudah mencapai 3 juta rupiah. Lumayan, bukan?

Bahkan kamu tidak harus ngapa-ngapain hanya menyimpan dan nilai emas itu akan naik dengan sendirinya.

Sebagai seorang karyawan kamu bisa mencoba menggunakan cara ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ketika kamu sudah gajian jangan langsung habiskan untuk konsumsi.

Sisakan sebagian untuk membeli emas. 1 gram tidak masalah tetapi kalau bisa konsisten. Jadi setiap gajian belikan emas 1 gram sampai seterusnya.

Lama kelamaan kamu akan merasakan efek dari kenaikan harga emas tersebut dan tentunya membuat kamu lebih untung.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha Paling Menguntungkan Tahun 2020

Menjadi Pekerja Freelance

peluang usaha
unsplash.com

Aktivitas ini yang banyak dilakukan oleh para pekerja selepas ia menyelesaikan pekerjaan utamanya yaitu menjadi pekerja lepas alias freelance.

Fleksibilitas waktu yang dapat dinikmati oleh para freelancer menjadikan mereka tidak akan merasa terganggu dengan pekerjaan utamanya.

Apalagi freelance biasanya mengerjakan sesuatu yang memang hobinya. Ada yang sama dengan pekerjaan utamanya ada juga yang tidak.

Katakanlah kamu hobi menulis. Meskipun dalam pekerjaan utama kamu sebagai staff HRD tetapi selepas pulang kamu bisa melanjutkan pekerjaan lepasmu yaitu menulis.

Di bidang kepenulisan ini juga ada beberapa jenis diantaranya menulis blog, deskripsi produk, menulis konten marketing dan sebagainya.

Selain menulis, ada bidang lain yang bisa kamu coba seperti design, web developer dan sebagainya.

Ada beberapa situf freelance yang bisa kamu coba diantaranya Fiverr, Freelancer.com, Sribulancer, Projects.co.id dan masih banyak lagi.

Peer to Peer Lending

peluang usaha
unsplash.com

Era saat ini ada banyak fintech bermunculan. Mulai dari yang menyediakan layanan edukasi seperti finansialku dan cermati.

Yang menyediakan fasilitas dompet digital seperti OVO, Gopay dan Dana dan yang menyediakan fasilitas investasi peer to peer lending seperti Qazwa.

Nah agar kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mudah maka kamu bisa mencoba peer to peer lending seperti Qazwa.

Menariknya pada fintech yang satu ini, kamu bisa investasi dengan nominal amat murah yaitu berkisar Rp5.000 dengan potensi keuntungan maksimal 24% per tahun. Menarik, bukan?

Tetunya ada lagi peer to peer lending yang lain yang bisa kamu coba. Silahkan pilih sesuai dengan benefit yang menurut kamu menarik.

Menjual Buku Digital

peluang usaha
unsplash.com

Bila kamu memiliki hobi menulis maka opsi membuat dan menjual buku digital bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Dengan buku digital, kamu tidak perlu memikirkan biaya cetak ataupun memikirkan apakah produkmu diterima penerbit mayor atau tidak.

Cukup kamu tuliskan saja apa yang kamu ketahui sesuai dengan expertise kamu kemudian dijual.

Untuk penjualan bisa langsung ataupun melalui marketplace produk digital seperti Ratakan.

Baca Juga: Strategi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan di Tahun 2020

Jual Beli Nama Domain

peluang usaha
unsplash.com

Kalau investasi properti, investasi emas, investasi saham mungkin sudah mainstream. Namun, bagaimana kalau investasi domain? Mungkin ini baru pertama kali kamu dengar.

Nyatanya memang ada jenis investasi seperti ini. Dimana kamu membeli sebuah domain yang potensial untuk kemudian dijual kembali.

Katakanlah misalnya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil belum memiliki website.

Lantas kamu berpikir, suatu saat Ridwan Kamil pasti memerlukan website untuk membangun personal brand-nya.

Pas kamu cek di provider domain nama ridwankamil.com ternyata belum ada yang beli akhirnya kamu beli domain tersebut dengan asumsi bahwa nanti bila Ridwan Kamil mau beli bisa beli melalui dirimu.

Konsep investasi seperti ini disebut dengan domain flipping.

Membeli Saham

peluang usaha
unsplash.com

Bila kamu lihai dalam melihat pasar, maka opsi untuk membeli saham bisa kamu pilih sebagai alternatif mendapatkan penghasilan tambahan.

Bila kamu perhatikan pasar saham adalah pasar yang cukup fluktuatif. Bila tidak cermat maka kamu akan rugi.

Setidaknya ada dua cara untuk mendapatkan keuntungan dari saham yaitu dengan jual beli saham dan dengan dividen.

Jual beli saham maksudnya adalah membeli saham di waktu harga sedang murah dan menjualnya ketika harganya sedang naik.

Ketika harga jual lebih tinggi daripada harga beli disitulah keuntunganmu yang disebut juga dengan capital gain.

Cara kedua adalah dengan dividen. Ini adalah pembagian keuntungan dari perusahaan kepada para pemegang saham sesuai dengan proporsi kepemilikan mereka.

Biasanya orang-orang yang memegang preffered stock yang lebih banyak mendapatkan dividen.

Jadi, bila kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari saham melalui dividen maka pastikanlah saham yang kamu pnya adalah preffered stock.

Jual Template Design

peluang usaha
unsplash.com

Salah satu kebutuhan para pebisnis online adalah design. Sebuah design dapat menggambarkan seberapa bagus brand bisnis tersebut.

Sayangnya banyak diantara mereka tidak memiliki kemampuan design. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan membuatkan template design.

Hal ini juga dilakukan oleh Dewa Eka Prayoga bersama timnya di mesinkreativitas.com. Salah satu produknya adalah ads creative kit.

Produk tersebut adalah kumpulan template design siap pakai untuk para pelaku bisnis. Kamu bisa mengikuti jejak mereka.

Buat saja beberapa template design kemudian kamu jual sendiri atau bisa juga melalui marketplace produk digital yaitu Ratakan.

Kalau kamu sudah memiliki template tersebut, kamu dapat menjualnya di sosial media ataupun iklan. Kalau kamu tertarik untuk belajar menjual produk digital secara digital, kamu dapat memelajari salah satu alatnya yaitu Facebook Ads : Facebook Ads Tutorial 2020 [Tahapan Lengkap + Contoh dan Hasil Iklan]

Penutup

Itulah penjelasan tentang 7 alternatif yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Pilihlah yang menurut kamu paling menguntungkan dan kamu bisa menjalankannya.

Silahkan sebarkan artikel ini seluas-luasnya apabila kamu merasa artikel yang sedang kamu baca ini memberikan manfaat. Simak juga artikel lainnya di blog saya. Selain blog, saya juga menulis jawaban di Quora : Quora Ihsan Santoso

Subscribe untuk update tutorial, tulisan dan materi terbaru. Gratis

Artikel Terbaru

Google Search Console untuk Pemula [Panduan dan Contoh]

Ketika kamu mencari tentang artikel ini, mungkin kamu ingin mengetahui cara menggunakan google search console. Selain cara menggunakan, kamu datang artikel yang...

Template Carousel Instagram dan Linkedin [Gratis + Tanpa Syarat]

Kamu sekarang bisa mulai membuat desain konten slide (carousel) dengan alat sederhana yaitu PowerPoint. Saya membuat 5 template sederhana yang bisa kamu...

Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Pada artikel ini akan dibahas tentang fungsi google analytics, cara memasangnya serta cara membaca google analytics. Kamu juga akan melihat data asli...

Hijrah ke Digital Marketing Untuk Profit Yang Berkelanjutan

Hijrah, mungkin kata ini sering digunakan untuk konteks spiritual. Kenyataanya hijrah ini juga bisa bisa gunakan untuk konteks usaha. Inti dari hijrah...

Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Bagaimana cara membuat website dengan wordpress ? kamu datang di artikel yang tepat, karena...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox