Google Search Console untuk Pemula [Panduan dan Contoh]

Ketika kamu mencari tentang artikel ini, mungkin kamu ingin mengetahui cara menggunakan google search console. Selain cara menggunakan, kamu datang artikel yang tepat karena setelah membaca artikel ini kamu…

akan dipelajari google search console


Apa itu google search console ?

Google search console adalah sebuah alat yang digunakan pemiliki website untuk memantau performa pencarian websitenya dari pencarian google. Google search adalah produk google yang dapat diakses secara gratis.

Salah satu fungsi yang paling sering digunakan adalah kata kunci apa yang paling banyak memberikan kunjungan(traffic). Kamu bisa mendapatkan informasinya di google search console (GSC) ini.

Mengapa hal ini penting ? karena dengan google search kamu bisa mendapatkan kunjungan(traffic) gratis. Memang mendapatkan kunjugan(traffic) itu harus bayar ? kalau kamu mau cepat, iya. Kamu bisa menggunakan google ads search, jadi ketika seseorang mencari suatu kata yang muncul paling atas adalah iklanmu. Misal kata kunci “digital marketing”

Google Ads

Kalau kamu melihat gambar diatas, harga setiap klik dari kata kunci “digital marketing” bisa mencapai Rp40.000-an. Bayangkan kamu butuh 1.000 klik aja, kamu harus membayar hingga Rp 40.000.000 kepada google.

Namun dengan pencarian google , kamu bisa mendapatkan kunjungan secara gratis setiap kliknya. Nah, GSC ini bisa menjadi salah satu alat yang memantau performa kamu mendapatkan “klik gratis” atau istilah populernya “organic traffic” 

ahrefs pricing

Walaupun memiliki keterbatasan, Google search console tetap memiliki manfaat dan yang perlu kamu ingat, alat ini gratis (salah satu kompetitornya yaitu ahrefs harganya mulai dari $99 perbulan).

Jadi sekarang kamu sudah ada sedikit gambaran tentang GSC, sekarang tahap selanjutnya adalah memasang/install di website milikmu.

pencapaian 1 - gsc


Cara menggunakan Google Search Console

Pada artikel ini saya akan menggunakan contoh pemasangan website dengan wordpress. Saya menggunakan platform yang paling populer hingga saat ini. Jika kamu saat ini belum memiliki website, kamu dapat mengunjungi panduan : Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020].

Jika kamu sudah memiliki website, kita lanjutkan kembali tentang GSC . Sejatinya ada berbagai macam cara memasang google search console, akan tetapi untuk wordpress terdapat cara yang sangat sederhana yaitu dengan plugin bernama “Google Site Kit”

Download Site Kit by Google

Masuk ke menu “tambah plugin (add new plugin)”, kemudian cari “sitekit”. 

Pasang “Site Kit by Google”, kemudian aktifkan.

Ikuti Panduan Google Site Kit

Setelah kamu mengaktifkan plugin tersebut, akan ada rekomendasi agar kamu mengikuti proses instalasi google site kit. Berikut beberapa prosesnya :

Akan muncul tampilan seperti ini

Kamu cukup login menggunakan akun google-mu

Ikuti tahap yang sudah ditentukan oleh google

 cukup klik tombol biru “allow” pada panduan instalasi.

Sekarang kamu sudah memiliki akun search console

Sekarang kamu sudah memiliki google search console

Ini adalah tampilan dari google search console milikmu. 

Selamat, sekarna kamu sudah dapat memonitor hasil pencarian websitemu dengan alat yang langsung dari google. Kamu juga bisa memonitor website kamu dengan lebih lengkap dengan google analytics, kamu dapat menemukan panduannya di : Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Kita balik lagi ke GSC. Dengan terpasangnya GSC di websitemu, sekarang kamu akan mengetahui kata kunci (keyword) apa yang kamu bekerja untuk websitemu.

pencapaian 2 - gsc

Selanjutnya adalah waktunya untuk membahas cara menggunakan GSC dari masing masing fungsinya, saya akan menjelaskan fitur-fitur dasar yang perlu kamu ketahui

Subscribe untuk update tutorial, tulisan dan materi terbaru. Gratis

Artikel Terbaru

Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips

Ketika kamu menemukan artikel ini kemungkinan besar kamu sedang bertanya tanya, bagaimana ya caranya untuk mulai belajar digital marketing ? mungkin kamu...

Marketing Funnel : Cara Profit Terus Menerus [Panduan + Contoh]

Ketika membangun sebuah usaha, kamu seperti membuat sebuah "jalan tol". Perlu ada perencanaan terlebih dahulu agar usaha kamu dapat berjalan dengan lancar....

Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Bagaimana cara membuat website dengan wordpress ? kamu datang di artikel yang tepat, karena...

Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Pada artikel ini akan dibahas tentang fungsi google analytics, cara memasangnya serta cara membaca google analytics. Kamu juga akan melihat data asli...

Google Search Console untuk Pemula [Panduan dan Contoh]

Ketika kamu mencari tentang artikel ini, mungkin kamu ingin mengetahui cara menggunakan google search console. Selain cara menggunakan, kamu datang artikel yang...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox