Marketing Politik: Menangkan Perebutan Suara dengan Marketing

Marketing politik harus mampu mempengaruhi pemilih agar memilih salah satu kandidat. Dalam strateginya, marketing yang dijalankan harus mampu membentuk sosok kandidat. Agar bisa memikat banyak orang dan memenangkan pemilihan.

Jika jaman dulu kegiatan marketing didominasi oleh media tradisional, maka sekarang media online atau digital lah yang merajai. Hal ini tentu mengubah strategi dan pola marketing.

Detail Pekerjaan di Bidang Marketing Politik di Era Digital

Seperti penjelasan di atas, marketing politik di era digital sangat berbeda dengan era sebelumnya. Berikut beberapa detail pekerjaan dan strategi yang dilakukan oleh konsultan marketing.

1. Pengerahan Massa.

Dimaksud dengan pengerahan massa adalah menarik minat khalayak ramai agar bergabung dengan kegiatan kandidat. Dan cara ini halus dilakukan sehalus mungkin menggunakan strategi soft selling.

Misalnya dengan cara menjalankan berbagai program kemanusiaan secara online, seperti donasi buku untuk wilayah terpencil, donasi pakaian layak pakai, dan sejenisnya. Ajaklah para pemuda untuk bergabung. Jika antusiasme mereka meningkat, maka kamu bisa mulai membuka profil kandidat yang kamu angkat.

2. Digital Branding (Membangun Citra melalui Dunia Digital)

Website dan media sosial adalah dua alat utama yang harus dimiliki agar strategi marketing politik berjalan lancar. Website berfungsi untuk memberikan gambaran lengkap tentang kandidat, sedangkan media sosial untuk membangun komunikasi dua arah dengan khalayak ramai.

Cara ini pun pernah dilakukan oleh Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Pada tahun 2008, Obama selalu memberikan opini dan tulisannya melalui media sosial. Yang kemudian dianggap menarik bagi para pemuda dan minoritas.

3. Media Sosial

Media sosial bisa sebagai alat komunikasi dua arah. Media yang murah dan cepat untuk menyebarkan opini, berita, dan hal lain untuk menarik perhatian para calon pemilih.

Sebagai contoh, pada kampanye periode keduanya, Mantan Presiden Obama berhasil mengantongi 34 juta fans atau 98% pengguna Facebook di Amerika Serikat. Dan para fans ini bisa memetakan usia dan jenis kelaminnya.

Contoh Kampanye yang Mengimplementasikan Marketing Politik

1. Barack Obama – SMS Marketing

Obama masih menggunakan SMS marketing. Ketika ada yang mengirim pesan, Obama membalas dengan pesan singkat beserta link ke website-nya. Cara ini membuat para pengikutnya merasa mempunyai ikatan batin dengan Obama.

Strategi yang bisa kamu terapkan berdasarkan taktik Marketing Politik Obama, antara lain bangun contact list, dan buatlah pendukung merasa diterima dan diapresiasi.

2. Alexandria Ocasio-Cortez – Live Instagram

Dia sering melakukan live Instagram untuk mengajak followers-nya berkomunikasi. Bahasan saat live-pun beragam, mulai dari bahasan ringan tentang kehidupan sehari-hari sampai bahasan politik berat.

Karena dia menyasar pada pemilih berusia muda, maka penampilan dan cara berbicaranya saat live pun dibuat santai dan tidak berbelit-belit. Sehingga mudah diikuti dan dipahami.

Strategi yang bisa kamu tiru darinya antara lain rutin mengadakan live di media sosial untuk meningkatkan engagement dengan follower, dan pikat audiens dengan citra diri yang tepat.

Marketing politik di dunia digital menjadi sangat penting karena mayoritas masyarakat dunia mulai ketergantungan dengan internet, termasuk media sosial. Telepon genggam pasti selalu ada di genggaman dan internet seolah tak terpisahkan.

Semakin lama kamu menolak dunia digital, semakin banyak pula followers yang terbuang percuma. Mulailah langkahmu sekarang.


Jika kamu membaca tulisan ini sampai habis, kemungkinan besar kamu adalah seseorang yang memiliki website ataupun tertarik dengan digital marketing. Pada Website ini saya membahas berbagai macam topik tentang digital marketing, mulai dari tutorial ataupun tips & trik. Berikut beberapa tulisan saya lainnya :

  1. Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips
  2. Facebook Ads Tutorial 2020 [Tahapan Lengkap + Contoh dan Hasil Iklan]
  3. Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]
  4. Email Marketing : Panduan Cara Menggunakan Secara Gratis! [2020]
  5. Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Lebih suka versi video ? kamu bisa kunjungi Website saya di : Youtube Ihsan Santoso. Salah satunya adalah cara membuat website untuk seseorang yang tidak bisa koding :

Saya akan membahas berbagai macam hal terkait digital marketing dan kita bisa berdiskusi disana. Sampai jumpa 😊

Leave a Comment