Social Media Marketing [Panduan Dasar Lengkap 2021]

Social Media bukan hanya berfungsi untuk saling terhubung antar teman atau tempat aja “pamer”. Social Media juga dapat digunakan untuk meningkatkan bisnis, yaitu melalui social media marketing. Jika kamu sedang mencarinya, kamu datang ke tempat yang tepat karena…


Apa itu Social Media Marketing ?

Social media marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang berfokus pada penggunaan sosial media untuk mendapatkan tujuan marketing seperti penjualan, kunjungan ke website atau download aplikasi.

Dalam social media marketing, marketer meggunakan social media untuk mengembangkan ukuran audiens serta membangun hubungan dengan mereka. Baik untuk yang belum menjadi customer ataupun yang sudah menjadi customer.

Jadi bagaimana cara melakukan social media marketing ? apakah dengan posting foto produk kita = social media marketing ? tentu tidak semudah itu. Social media marketing memiliki tahapan meliputi riset hingga evaluasi hasil. 

Terdengar panjang ? memang, tapi social media marketing dapat menciptakan hasil yang efektif. 

Kenapa Social Media Marketing itu penting ?

Social media marketing menjadi elemen digital marketing yang tidak dapat ditinggalkan karena dapat menciptakan hasil yang efektif. Social media memiliki beberapa keunggulan yaitu.

1. Gratis

Kamu bisa membuat akun sosial media tanpa bayar diawal, seperti kamu membuat akun pribadimu. Untuk memulainya kamu tidak perlu membayar sepeserpun seperti strategi digital marketing yang lain seperti paid ad (iklan digital), endorse, dan sejenisnya.

Perlu di ingat, hal tersebut hanya berlaku ketika baru mulai. Jika kamu ingin mengembangkan social media, kamu perlu mengeluarkan biaya misalkan menggunakan jasa desainer, memberikan give-away, endorse dan sejenisnya.

2. Kamu berada di “kolam” yang ramai

Saat ini, orang yang memiliki akses internet kemungkinan besar memiliki sosial media. Jadi ketika kamu memiliki sosial, jangkauan kamu adalah miliaran orang. Potensi pasar yang sangat besar.

Untuk dapat melakukan sosial media marketing yang efektif, tentu saja kamu perlu memilah siapa  yang menjadi target marketmu.

Dengan “kolam” yang sangat besar tersebut, kamu dapat membangun brand awareness (alias orang orang mengetahui brand kamu) dan menjangkau banyak orang dengan social media marketing.

3. Membentuk brand image 

Brand image adalah penilaian audiens terhadap kita. Social media marketing dapat membantu kita untuk membangun “image” produk/brand kita. Misalkan produkmu adalah produk yang berfokus pada kesehatan, kamu akan dapat melakukan social media marketing dengan membuat konten terkait kesehatan atau melakukan kerjasama dengan akun lainnya yang memiliki expertise pada bidang kesehatan.

Brand image tidak tercipta begitu saja, untuk membangun image yang kuat kamu harus melakukan hal tersebut secara konsisten dan memastikan bahwa pada setiap konten yang kamu publikasikan dapat meningkatkan brand image tersebut.

4. Membangun komunikasi dengan audiens serta membangun komunitas

Social media seperti namanya memiliki fungsi utama yaitu ber”sosial”. Dengan terbukanya akses komunikasi antara brand dan pengguna sosial media, kamu dapat berhubungan dengan calon customer atau menjaga hubungan dengan customermu sebelumnya.

Selain dari sisi customer, ketika sosial media kamu memiliki suatu topik tertentu, kamu dapat membangun komunitas yang tertarik pada topik tersebut. Selain menjadi calon customer, komunitas ini dapat menjadi perpanjangan dari brand kamu.

5. Social media dapat menjad sumber traffic baik website atau app downloadmu

Dengan membangun audience serta komunitas yang besar, kamu dapat mendorong mereka untuk masuk kedalam marketing funnel. Kamu dapat mengarahkan mereka menuju website atau mendownload aplikasimu. 

Bahkan kamu bisa membuat bisnis dengan modal sosial media, kamu sering menemukannya di instagram/facebook atau bahkan twitter. Apalagi saat ini facebook group sedang menggarap fitur agar facebook/instagram memiliki fitur marketplace yang proper.

Ada Banyak Social Media, Pilih Yang Mana ?

Dengan mengetahui banyaknya kegunaan dari social media, pertanyaan selanjutnya adalah social media mana yang paling cocok dengan usaha ?

Sama seperti obat, tidak ada satu obat yang dapat menyembuhkan semua penyakit. Social media yang paling tepat untuk usahamu cuma kamu yang tau. Saya akan memberikan kelebihan dan kekurangan dari masing masing social media yang bisa kamu pertimbangkan jadi social media utamamu.

1. Instagram

Pro (+)Cons (-)
Jumlah user yang sangat banyakPersaingan begitu tinggi
Variasi publikasi yang banyak (feed, stories, dst)Algoritma yang membuat sulit mendapatkan reach dari follower
Memiliki alat analytics gratisHarus konsisten posting konten
Terintegrasi dengan sistem adsSulit untuk viral karena tidak fitur repost selain repost di stories
Masyarakat sangat familiar dengan kebiasaan berjualan di instagram

2. Facebook

Pro (+)Cons (-)
Jumlah user yang sangat banyak, social media pertama orang-orangAlgoritma yang begitu buruk untuk bisnis, reach sangat jelek
Memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding instagram (marketplace, grup, dsb)Persaingan begitu tinggi
Memiliki alat analytics gratis + Terintegrasi dengan sistem ads
Memiliki fitur viral karena adanya fitur share ke timeline
Masyarakat sangat familiar dengan kebiasaan berjualan di facebook

3. Twitter

Pro (+)Cons (-)
Memiliki fitur yang memudahkan pesan untuk viralPengguna lebih sedikit
Berbasis kata-kata, sehingga lebih mudah untuk update
Interaksi lebih cair karena seperti chat
Terdapat fitur trending
Memiliki fitur analytics + ads

4. Linkedin

Pro (+)Cons (-)
Memiliki fitur viral, dimana setiap orang like = repostPengguna yang tidak terlalu besar (di Indonesia)
Lingkungan yang kondusif untuk berbagi hal hal terkait dunia profesionalAds yang lebih mahal dibanding platform lain
Jangkauan internasional lebih besar (perusahaan terbiasa menggunakan bahasa inggris)

5. TikTok

Pro (+)Cons (-)
Pertumbuhan pengguna yang sangat besarDitentukan oleh algoritma tiktok
Masih sedikit jumlah brand yang masuk, kamu dapat menjadi yang pertamaAudiens yang belum memiliki daya beli yang tinggi (Gen Z)
Konten view ratusan ribu- jutaan sangat mungkinKedewasaan pengguna masih rendah (Gen Z)
Terdapat fitur ads yang belum kompetitif

6. Youtube (asumsikan dia sebagai social media juga)

Pro (+)Cons (-)
Memiliki pengguna yang begitu besarSangat ditentukan oleh algoritma youtube
Produk google yang berbasi mesin pencarianMembuat konten youtube jauh lebih susah dibanding social media lain
Terdapat fitur monetisasi langsung (pendapatan tambahan)
Fitur analytics powerful dan terhubung dengan ekosistem youtube

Nah dari kelebihan dan kekurangan di atas, kamu sekarang sudah ada gambar kira kira social media apa yang paling cocok untuk brand/produkmu. 

Ketika kamu baru ingin melakukan social media marketing, pastikan kamu fokus pada satu social media terlebih dahulu. Kenapa ? karena social media itu bukan permainan yang mudah. Ada banyak tahapan yang perlu dilakukan.

Leave a Comment