social media marketing
|

Social Media Marketing [Panduan Dasar Lengkap 2021]

Tahapan dalam Melakukan Social Media Marketing

Kunci dari social media marketing adalah, membuat konten yang relevan dengan target audience secara konsisten dan semakin baik dari hari ke hari.

Berikut tahapannya agar kamu bisa melakukan hal tersebut :

1. Mengidentifikasi target audiece

Sebelum kamu masuk ke proses riset dan kreatif, kamu harus mengetahui target marketmu. Apakah generasi X, Y, Z ? jenis kelamin pria atau wanita, perilaku mereka, preferensi, kelas ekonomi dan sejenisnya.

Pastikan bahwa target audience (pemirsa) kamu sesuai dengan target market (pembeli) kamu. Jika kamu menjual produk premium seperti jam tangan dari kayu jati, tidak mungkin kamu membuat konten yang sama dengan produk pelangsing. Tidak nyambung

Kamu perlu ingat bagaimana social media marketing bekerja.

Orang melihat kontenmu > orang tertarik dengan brandmu > mereka akan melihat produkmu > mereka akan membelinya > mereka akan menjaga hubungan denganmu untuk pembelian selanjutnya.

2. Riset Konten

Setelah kamu menentukan secara spesifik siapa saja yang kemungkinan akan menjadi target audiencemu, kamu sekarang perlu menentukan jenis konten seperti apa yang mereka sukai. Selain jenisnya, topik atau pemahasan apa yang dapat menarik mereka untuk terlibat pada kontenmu.

Untuk dapat melakukan ini, kamu bisa melakukannya dengan melihat dari kompetitormu yang sudah ada terlebih dahulu. Selain itu, terdapat juga berbagai macam alat untuk melakukan riset konten seperti ini.

3. Buat editorial plan

Setelah kamu mengetahui konten apa yang perlu kamu buat, selanjutnya adalah membuatnya jadi jadwal. Jadwal membuat konten ini biasa disebut dengan editorial plan.

Editorial content ini berfungsi agar konten kita dapat terlaksana secara rapi dan lancar. Jika kamu membuat konten hanya dengan mengingat “mau buat konten apa” kamu akan sulit untuk konsisten dalam mebuat konten.

Ingat kunci sosial media sebelumnya, konsistensi itu sangat penting.

4. Produksi konten

Setelah kamu sudah mengetahui apa saja yang ingin kamu buat, saatnya sekarang saatnya membuat konten tersebut. Produksi konten social media sangat tergantung dengan social media yang kamu pilih.

Membuat tweet tweet lucu tentu saja prosesnya lebih singkat dibandingkan video di youtube. Kamu harus pastikan bahwa semua produksi kontenmu tetap sesuai dengan editorial contentmu. Dalam ber-social media marketing efektivitas produksi dan disiplin sangat dibutuhkan

5. Publish

Ketika kamu sudah menyelesaikan konten yang telah ditentukan, tahap selanjutnya adalah mempublikasikannya pada social media yang kamu tuju.

Mayoritas social media memiliki fitur penjadwalan, jadi kamu tidak perlu harus berada didepan layar untuk mempublikasikannya. Hal ini juga dapat meningkatkan tingkat konsistensimu karena sudah terjadwal sebelumnya. 

Kamu bisa stok konten kemudian masukan ke alat penjadwalan social mediamu.

6. Evaluasi

Ketika kamu sudah mempublikasikan kontenmu bukan berarti proses social media marketingmu selesai. Agar kualitas serta hasil dari social media marketingmu berhasil kamu harus mengevaluasinya, misal berapa banyak orang yang melihat kontenmu, berapa interaksinya, bagaimana dampak terhadap tujuanmu (kunjungan website, download, follow dan sejenisnya).

7. Repeat

Setelah kamu mendapatkna hasil dari konten kamu sebelumnya, kamu perlu mengulang lagi prosesnya mulai dari riset hingga evaluasi.

Social media marketing bahkan digital marketing secara umum adalah sebuah proses panjang yang tidak cukup sekali viral dan kamu sudah sukses. Kuncinya adalah konsisten dan terus semakin baik

Contoh Social Media Marketing Yang Sukses Di Indonesia

Agar kamu dapat termotivasi untuk konsisten dalam social media marketing, mungkin kamu perlu contoh terbaik dari produk/brand yang berhasil karena social media marketing. 

Saya akan mencontohkan 2 akun yang bisa dikatakan sukses di social media seperti instagram, yaitu jouska dan nikojulius

1. Jouska

Jouska adalah salah satu perusahaan konsultasi keuangan yang ada di indonesia, mereka menawarkan jasa konsultasi keuangan tatap muka (alias one by one). Mereka viral di tahun 2019 karena konten social media mereka yang menceritakan masalah keuangan dengan konteks yang relevan dengan kelas menengah di Indonesia.

Saat ini jouska memiliki 746.5K followers, dengan pertumbuhan yang masih terus naik setiap bulannya. 

Kunci keberhasilan jouska adalah menceritakan kisah terkait topik keuangan secara relevan dengan target audiencenya mereka.

2. Bynikojulius

Kalau tadi perusahaan, ini personal. Niko julius adalah seorang digital marketer yang membahas tentang instagram dengan detail, mulai dari algoritma hingga cara mendapatkan follower dengan cepat secara organik.

Niko mulai secara konsisten membuat konten pada akhir desember 2019, dalam waktu 6 bulan dia dapat memperoleh 100k follower dan menghasilkan penjualan kelas onlinenya yang mencapai 10k peserta lebih (tingkat konversi hampir mencapai 10%)

Niko dapat tumbuh dengan sangat cepat salah satunya karena dia berbagi “rahasia” instagram dia. Audience mereka adalah orang orang yan ingin mengembangkan instagram mereka baik itu konten kreator, bisnis atau organisasi lainnya.

Selain itu dia memastikan bahwa kontennya selalu update setiap hari + memastikan kontennya memiliki kualitas yang terbaik untuk audiencenya.  

Buat kamu yang ingin mendapatkan “daging” tentang instagram, silahkan follow nikojulius di @bynikojulius

Kesimpulan

Social media marketing tidak hanya tentang posting, ada begitu banyak hal yang perlu dipikirkan untuk melakukan social media marketing yang efektif. 

Tapi jangan jadikan ini penghalang kamu, yang kamu perlukan untuk memulai adalah pilih salah satu sosial media yang kamu paling nyaman didalamnya, bisa instagram, twitter dan sejenisnya. Kemudian konsisten mempublikasi konten dengan tahapan sebelumnya secara sederhana, kamu akan melihat audience kamu berkembang setelahnya.


Jika kamu membaca tulisan ini sampai habis, kemungkinan besar kamu adalah seseorang yang memiliki website ataupun tertarik dengan digital marketing.

Pada Website ini saya membahas berbagai macam topik tentang digital marketing, mulai dari tutorial ataupun tips & trik. Berikut beberapa tulisan saya lainnya :

  1. Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips
  2. Facebook Ads Tutorial 2020 [Tahapan Lengkap + Contoh dan Hasil Iklan]
  3. Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]
  4. Email Marketing : Panduan Cara Menggunakan Secara Gratis! [2020]
  5. Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Selain menulis pada website ini, saya juga menjawab pertanyaan di Quora. Saya menjawab pertanyaan tentang digital marketing, startup atau topik sejenisnya. Kamu dapat menjawab beberapa jawaban saya di Quora Ihsan Santoso

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.