digital marketing menurut para ahli (2)_compressed

Digital Marketing Menurut Para Ahli Berdasarkan Jurnal Terpercaya

Digital marketing menurut para ahli adalah masa depan dari marketing, terutama setelah dunia dilanda dengan pandemi COVID-19 yang pada saat tulisan ini dipublikasikan masih belum selesai.

Semua kegiatan jadi tiba-tiba serba digital, termasuk dengan proses marketing pada suatu produk ataupun jasa.

Definisi Digital Marketing Menurut Para Ahli

Kemudian sebenarnya apa itu digital marketing ? kita bisa memahaminya dengan definisi digital marketing menurut para ahli. Beriku beberapa pengertian yang disebutkan oleh para ahli maupun akademisi :

  • Digital marketing adalah (juga dikenal dengan data-driven marketing) sebuah istilah yang memayungi marketing baik untuk produk maupun jasa menggunakan teknologi digital, secara umum menggunakan internet, mobile phone, iklan display dan media digital lainnya) (Mandal. P, Joshi. N, K. Shell, 2016)
  • Menurut Yasmin, Tasneem, Fatema (2015), Digital marketing adalah salah satu tipe dari marketing yang digunakan secara luas untuk mempromosikan suatu produk ataupun jasa agar dapat menjangkau customer menggunakan saluran digital. Digital marketing tidak hanya tentang internet, tapi juga mencakup saluran seperti handphone (SMS atau MMS), media sosial, iklan display, search engine dan digital media lainnya.
  • Chaffey, Smith (2008) mengatakan digital marketing, electronik emarketing, e-marketing dan internet marketing adalah istilah yang sama dimana menyederhanakan konsep “marketing online yang menggunakan website, iklan online, email, kios interaktif, tv interaktif dan juga mobile phone”
  • Digital marketing adalah bentuk dari marketing tertarget yang membantu berbagai macam website untuk meningkatkan frekuensi kunjungan website, menarik pelanggan untuk membeli produk, barang ataupun jasa melalui internet (Salehi, 2012)
  • Digital marketing adalah sebuah aktivitas, penginstitusian dan proses yang difasilitasi dengan teknologi digital untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan menyampaikan value kepada customer ataupun stake-holders lainnya. (America Marketing Association, 2016)
  • Digital Marketing adalah sebuah proses yang adaptif dan menggunakan teknologi dimana perusahaan berkolaborasi dengan customer dan partner untuk bersama-sama menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan mempertahankan value kepada seluruh stakeholders (P.K. Kannan, Hongsuang “Alice” Li, 2016)

Demikian adalah digital marketing menurut para ahli. Penjabaran singkat dari digital marketing itu dapat memberikan gambaran umum tentang “apa itu digital marketing”. 

Mulai Belajar Digital Marketing

Ketika kamu ingin memahami lebih dalam tentang digital marketing dan mengimplementasikan, kamu perlu memahami apa saja yang perlu dipelajari dari digital marketing.

Digital marketing pada kenyataanya memiliki berbagai macam cabang-cabang, dan untuk mengoptimalkan potensi dari digital marketing maka perlu memilih strategi yang paling sesuai dengan usaha yang dimiliki.

Cara untuk mendapatkan client sebuah usaha konsultasi akan berbeda dengan cara menjual sebuah jamu.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu pahami dari digital marketing :

1. Consumer Journey & Marketing Funnel

Ketika ingin memasarkan sebuah produk, kita harus memahami terlebih dahulu bagaimana seorang calon customer bertindak dalam proses pembelian sebuah produk. 


Setelah memahami tahapannya, selanjutnya kita harus menentukan tahapan-tahapan yang diperlukan seorang calon customer untuk mendapat produk yang kita tawarkan.

2. Cara membuat orang sadar akan produk kita

Setelah kita memahami bagaimana seorang calon customer melakukan pembelian, tahapan selanjutnya adalah untuk membuat merek sadar produk yang kita tawarkan, alias tahap Awareness.

Pada tahap awareness ini banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dengan menggukan iklan (fb ads, google ads, tiktok ads, dll), endorsement, paid promote, influencer marketing, sponsorship, SEO dan lainnya.

3. Cara mempertimbangkan produk kita

Setelah calon customer sudah menyadari akan produk yang kita miliki, tahapan selanjutnya adalah untuk meyakinkan agar mereka mempertimbangkan produk kita. 


Untuk dapat meyakinkan calon customer, kita perlu berfokus pada pesan yang disampaikan. Kita perlu menjelaskan “mengapa mereka perlu membeli produk kita”. Strategi ini disebut dengan strategi copywriting.

4. Cara mendorong orang untuk melakukan pembelian

Setelah mendorong agar orang mempertimbangkan produk kita, tahap akhirnya adalah mendorong agar seseorang membeli produk kita.

Kita dapat melakukannya dengan memberikan penawaran menarik agar mereka mau melakukan pembelian saat ini juga.


Penjelasan barusan hanyalah ringkasan dari apa saja yang perlu kamu pelajari saat ingin memahami digital marketing lebih lanjut.

Saya punya tulisan lain untuk kamu yang ingin belajar digital marketing, temukan artikelnya disini : Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips


Jika kamu saat ini adalah mahasiswa atau sedang ingin belajar digital marketing, kita dapat belajar bareng terkait digital marketing melalui channel youtube saya di Youtube

sampai jumpa di channel saya 😁

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.