SEO (Search Engine Optimization) : [Panduan untuk Pemula]

Apakah kamu mencari kata SEO/search engine optimization dan menemukan artikel ini ? kamu datang ke artikel yang tepat karena …


Apa itu Search Engine Optimization ?

Pendek kata, SEO adalah segala bentuk usaha yang dilakukan seorang pemilik website/ digital marketer untuk meningkatkan posisi websitenya di mesin pencarian seperti google. Semakin atas posisi website, maka kunjungan website tersebut akan semakin banyak.

Kenapa Search Engine Optimization (SEO) itu penting ?

Search engine optimization adalah salah satu strategi digital marketing yang sangat penting, mengapa demikian ? Google adalah mesin pencari paling besar di dunia. Terdapat ratusan ribu hingga jutaan pencarian ketika kamu membaca tulisan ini.

1. Cakupan Yang Luas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika kamu membaca artikel ini terdapat ratusan ribu hingga jutaan pencarian yang sedang terjadi. Setiap orang yang mencari sesuatu di google, mereka mencari sebuah jawaban ataupun solusi.

Dengan kata lain, kamu bisa menjangkau ratusan ribu hingga jutaan orang untuk datang ke websitemu atau bahkan membeli produk/jasamu.

2. Traffic Gratis

Google memiliki 2 jenis hasil pencarian, hasil organik alias tanpa bayar dan iklan. Kamu pasti sering menemukannya, terutama pada kata kunci yang berkaitan dengan jualan. Misal saya mencari kata kunci “pinjaman online”

Berbeda dengan Google Ads, dimana kamu perlu membayar pada setiap klik iklan kamu. Biaya perklik google bisa mulai dari ratusan rupiah per klik hingga puluhan ribu rupiah per klik.

Supaya kamu ada gambaran, saya akan memberikan gambaran

Dari data diatas kamu dapat melihat bahwa untuk mendapatkan posisi atas dari pencarian “pinjaman online”, minimal kamu perlu membayar Rp 3.000an per klik. Untuk mendapatkan 100.000 klik, kamu perlu mengeluarkan Rp 300.000.000.

Sedangkan jika menggunakan SEO, kamu dapat memperoleh kunjunga website 100.000 tanpa harus membayar biaya setiap kliknya.

3. Untuk Jangka Panjang

Ketika kamu membangun sebuah bisnis, tujuannya pasti adalah untuk jangka panjang kan ? SEO adalah salah satu alat yang sifatnya jangka panjang. Kamu tidak akan mendapatkan hasil yang instan dengan SEO, perlu bulanan hingga tahunan untuk melihat hasil dari SEO.

Berbeda dengan iklan, iklan dapat memberikan hasil instan. Ketika iklan kamu sudah diterima platform iklan seperti facebook ataupun google, iklan kamu sudah bisa dilihat penggunanya dan kamu bisa mengetahui performanya.

Jika digambarkan perbandingan SEO dan Iklan akan seperti ini

SEO akan memberikan biaya besar tanpa hasil yang signifikan, namun dengan berjalannya waktu hasilnya akan melebih biaya maintenance (ROI semakin besar). Sedangkan iklan, perbandingan hasil dan biayanya cendrung konstan (ROI cendrung konstan).

Bagaimana cara kerja SEO ?

Sebelum bahas tentang cara kerja SEO, kita harus tau terlebih dahulu bagaimana cara kerja alat pencari seperti google, bing dan sejenisnya.

Mungkin video dari google ini dapat menjelaskannya, walaupun video ini sudah 10 tahun yang lalu tapi caranya masih sama, yaitu dengan crawl.

https://www.youtube.com/watch?v=BNHR6IQJGZs

Dari video diatas kita bisa tau bagaimana cara kerja mesin pencari, cara kerja mesin pencari ini menjadi dasar dari SEO itu sendiri. Jika cara kerja mesin pencarian berubah, berubah pula cara SEO.

Pendek kata, SEO adalah segala upaya agar website kita dianggap lebih relevan terhadap suatu kata kunci (keyword) dibanding website lain pada mesin pencairan. 

Mesin pencari seperti Google akan memprioritaskan website/artikel yang tulisannya bisa menjawab pertanyaan dari pengguananya.

Dari penjelasan tentang alogirtma (cara kerja) google search, kita bisa masuk ke aspek dalam melakukan SEO. 

Aspek dalam Search Engine Optimization

1. Riset Kata Kunci (Keyword Research)

Jika kita kembali ke cara kerja mesin pencarian, semua pencarian berawal dari sebuah kata kunci. Karena kata kunci ini adalah sumbernya jadi kita harus dapat melakukan prediksi kata kunci apa yang akan dicari orang-orang.

Misal, ketika kamu adalah seorang penjual kaos polos. Mungkin beberapa kata kunci yang mungkin dicari adalah 

  • Kaos polos
  • Kaos polos gildan
  • Kaos polos bamboo
  • Kaos polos nyaman 
  • Kaos polos (nama kota kamu)

Didalam pencarian terdapat istilah yang dikenal dengan “search intent” alias “intensi pencarian”. Apa itu search intent ? pendek kata, ini membedakan tujuan sebuah pencarian. Misal :

  • Kaos polos
  • Kaos polos jakarta

Dua pencarian ini sama sama tentang kaos kreatif, akan tetapi beda tujuan pencarian. Yang pertama berfokus pada barangnya saja, mungkin tujuannya untuk mengeksplorasi jenis jenis produk kreatif. 

Sedangkan yang kedua ingin membeli kaos kreatif yang berlokasi di jakarta.

Sudah terlihat ya apa yang dimaksud dengan “search intent”. Semakin spesifik pencarian maka intensinya semakin besar untuk melakukan suatu tindakan, baik beli ataupun tindakan lainnya.

Pertanyaan selanjutnya, sebanyak apa memang pencarian kata kata tersebut ? Hal tersebut istilahnya adalah “search volume”. Biasanya search volume dijelaskan dengan jumlah rata rata pencarian perbulan. Misal pencarian kaos polos dicari 1000 perbulan. 

Semakin pendek kata pencarian (istilahnya short tail keyword), semakin banyak jumlah pertanyaan perbulannya. Semakin spesifik atau panjang (istilahnya long tail keyword), maka semakin sedikit pencariannya.

Karena pencariannya lebih banyak, kompetisi pada kata kunci pendek lebih ketat dibanding kata kunci panjang. Misal kata kunci barang populer seperti “kaos polos” dibanding “kaos polos jakarta” 

Nah tujuan dari “keyword research” tidak lain untuk mencari keyword yang paling potensial dengan website/bisnis kita. Jika website kita adalah website media, traffic sangat penting sehingga perlu mencari kata pencarian yang volumenya besar. 

Sedangkan untuk website online shop/jasa atau sejenisnya, kamu perlu mencari tau tentang kata kunci apa yang memiliki intensi paling tinggi namun memiliki volume yang cukup. Sayang juga kamu mengoptimasi untuk keyword yang dicari 1 kali setiap bulannya, jangan terlalu spesifik.

Kita akan bahas teknis melakukan riset kata kunci di tulisan selanjutnya.

2. Tulisan Pada Website Kita

Setelah mendapatkan kata kunci yang potensial untuk website kita, sekarang saatnya kita melakukan sesuatu pada website kita.

Optimasi yang dilakukan pada website kita disebut dengan istilah “On-page optimization”, pendek kata on-page optimization ini berfungsi untuk mempermudah google menentukan apakah website kita relevan dengan hasil pencarian atau tidak.

Kalau kita bandingkan dari gambar diatas, kita dapat melihat bahwa pada gambar kanan struktur sebuah tulisan lebih rapi dibandingkan dengan gambar di kiri. 

Hal ini menjadi kunci dari on-page optimization, on-page optimization pada akhirnya adalah tentang membuat pengalaman seorang pengunjung website.

Jika bagi seorang pengunjung website kita tidak jelas dan membuatnya langsung pergi lagi tentu saja google tidak ingin banyak orang melihat website tersebut

Walaupun pengalaman pengguna menjadi kunci utama, ada juga beberapa hal yang cukup teknis dan perlu kamu perhatikan. Saya akan menggunakan kata kunci “kaos kreatif”

  1. Gunakan kata kunci pada judul halaman/artikel, contoh : “Inspirasi desain kaos kreatif buatan kamu sendiri”
  2. Gunakan kata kunci pada 100 kata pertama di artikelmu.
  3. Menggunakan kata kunci pada URL, contohnya : “penasarangaksih.id/kaos-kreatif”
  4. Memasukan kata kunci pada sub-judul (atau heading 2), contohnya : “kaos kreatif dibawah Rp 100.000”
  5. Mencantumkan kata kunci minimal sekian persen dari total tulisan, tapi ingat jangan pernah spam. Misal, memasukan kata kunci di semua paragraf
  6. Buat meta-tag (tulisan pendek dibawah judul pada google) yang mengandung kata kunci. Contoh : “Temukan 10 inspirasi kaos kreatif yang bisa membuat clothingmu melejit”
  7. Memberikan link ke halaman lain dalam websitemu (internal link), serta link keluar website (external link). Hal ini mempermudah google menjelajah websitemu.
  8. Sebuah artikel setidaknya memiliki 300 kata agar tidak mengindikasikan konten spam. Google tidak menyukai konten yang terlewat pendek karean bisa mengindikasikan spam. Tulisan optimal antara 1500 – 2000 (berdasarkan riset dari backlinko)
  9. Memasukan gambar dengan alt-text yang mengandung kata kunci

Untuk kamu yang baru ingin mencoba SEO, platform wordpress memilki “alat bantu” yang powerful untuk on-page dasar SEO, salah satunya adalah plugin Yoast-SEO. Plugin ini berfungsi memberikan panduan kamu untuk menulis sebuah halaman ataupun artikel

Jadi untuk awal, kamu cukup memastikan indikator dari “SEO” berwarna hijau. panduannya menunjukan hasil optimal, tidak kurang dan tidak lebih.

3. Technical SEO

Kalau on-page SEO banyak tentang penulisan halaman ataupun artikel, technical SEO ini lebih banyak tentang teknologi website itu sendiri. 

Dari namanya saja sudah terdengar sulit, karena memang. Tapi supaya tidak bingung, saya menjelaskan hal yang dasar dan saya juga paham (saya bukan developer, jadi untuk yang terlalu teknis juga tidak menguasainya). Berikut cakupan dasar dari technical SEO.

  1. Buat struktur website yang sederhana

Kalau kamu melihat gambar diatas, perbedaan antara kedua gambar memengaruhi SEO. Website disebelah kiri kompleks sedangkan website disebalah kanan cendrung sederhana. 

Semakin bertingkat sebuah website, semakin sulit google bisa berselancar di websitemu. Sebaiknya kamu membuat website dengan struktur yang sederhana. Selain untuk mempermudah google berselancar, kamu juga membantu pengunjung aslimu menjelajahi websitemu.

Contoh 

  • Contoh buruk : kaoskreatif.id/blog/tips/2020/09/08/10-inspirasi-kaos-kreatif
  • Contoh baik : kaoskreatif.id/10-inspirasi-kaos-kreatif
  • Semakin sedikit levelnya, akan semakin baik.
  1. Sitemap

Sitemap adalah sebuah peta yang menjelaskan tentang stuktur websitemu di mata mesin crawling google. Agar google dapat dengan mudah menemukan website kita, maka kita perlu men-submit sitemap kita di sebuah alat bernama google search console.

Balik ke yoast, kamu akan mendapatkan sitemap otomatis ketika sudah menggunakan plugin ini. Biasanya sitemapmu dapat ditemukan di 

namadomainmu/sitemap.xml 

Setelah kamu sudah mendapatkannya, kamu sudah bisa memasangnya di google search console. Untuk penjelasan lebih detail tentang google search console, kamu dapat membaca artikelnya di 

  1. Kecepatan loading halaman

Kamu pasti pernah kan kesal karena sebuah website sangat lama untuk dibuka ? hal ini berlaku pada jutaan pengguna internet lainnya juga. Jika website yang kita akses lambat, orang akan pergi.

Hal tersebut mejelaskan mengapa kecepatan loading sebuah website memengaruhi SEO. Terdapat beberapa cara SEO dari segi mempercepat loading website, khususnya yang berbasis wordpress. Misalnya :

  1. Menggunakan template website yang sudah dioptimasi sehingga loadingnya cepat baik di mobile ataupun didesktop
  2. Kurangi plugin ataupun fungsi yang tidak benar benar esensial dan bersifat lebih dekoratif
  3. Gunakan AMP untuk mempercepat loading website, pendek kata AMP adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengoptimasi website kita di mobile phone. Kamu pasti familiar dengan logo ini ketika sedang menggunakan google.
  4. Gunakan plugin cahce, hal ini berguna untuk menyimpan data website di perangkat pengunjung sehingga pengunjung tidak perlu me-loading website seutuhnya setiap membuka website kita

Dengan beberapa hal ini saja sudah dapat mengoptimasi kecepatan websitemu, kamu bisa mengecek kecepatan websitemu dimata google di google pagespeed.

Ini perbandingan jika saya belum melakukan optimasi dan sesuadah melakuan optimasi diatas.

SEO speed comparison

Signifikan bukan ? dengan membuat website lebih cepat, pengalaman websitepun jadi lebih lancar.

4. Offpage – Backlink

Ketika kita sudah mengoptimalkan website kita secara internal, mulai dari keyword hingga technical SEO sekarang kita pindah keluar. 

Salah satu faktor yang memengaruhi posisi google adalah link yang mengarah ke webiste kita. Hal ini sejalan dengan algoritma google diawal, dimana mereka mengurutkan website berdasarkan relevansi.

Dengan logika tersebut, berarti semakin banyak website yang memberikan link ke website kita, maka website kita jadi langsung paling atas ? tentu tidak.

Setiap website memiliki reputasinya masing masing. Misalkan website kamu mendapatkan 1 link dari website besar seperti kompas.com, cnnindonesia.com atau sejenisnya, itu lebih berharga dari 100 website baru yang tidak jelas.

Jangan pernah membeli link dari perusahaan yang memperjual belikan link, katakanalah bayar 1 juta mendapat 100 link. Algoritma google adalah alat yang sangat canggih, mereka dapat mengetahui website website apa saja yang melakukan praktik jual beli tersebut.

Kemudian, bagaimana cara mendapatkan link yang terpercaya ? ? berdasarkan panduan dari google [kasih link], caranya adalah dengan membuat konten yang sangat bagus sehingga orang orang akan share ke sosial media atau memberikan link secara cuma-cuma.

Memang sosial media memengaruhi SEO ? tidak sesignifikan jika kita mendapatkan link dari website besar non-sosmed. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang link.

  1. Setiap link dari setiap website memiliki dampak yang berbeda.
  2. Terdapat link yang bersifat dofollow yang artinya memengaruhi SEO dan link yang bersifat no-follow dimana tidak memengaruhi SEO.
  3. Nilai link pada bagian konten lebih signifikan dibandingkan link tempat lainnya, misalkan footer website.
  4. Semakin banyak sebuah website memberikan link kepada web lain, misal kompas.com memberikan 100 link dan memberikan 1.000 link. Dampak link dari kompas tersebut lebih besar jika dia hanya memberikan 100 link pada setiap websitenya.
  5. Link dari website dapat membuatmu mendapat teguran dari google, bahkan membuat website kamu di”hide” dari hasil pencarian google.

Selain membuat konten yang memukau dan banyak orang yang mencantumkan tulisanmu, kamu juga bisa menjadi penulis tamu disuatu website. Untuk menjadi penulis tamu, kamu tentu saja perlu memiliki reputasi sebelumnya.

Jadi setelah kamu sudah memahami konsep dasar sebuah link, kamu dapat mulai membuat konten yang sangat bagus sehingga dapat memperoleh link dari pembacamu yang terkesima atau mendapatkan reputasi sehingga dapat menjadi penulis tamu.

5. Analisis Efektivitas SEO

Bagian terakhir tidak kalah penting yaitu meliat hasil dari aktivitas SEO yang telah kamu lakukan. Mulai dari pencarian kata kunci hingga dampak backlink terhadap kunjunga webiste kamu.

Terdapat banyak alat-alat SEO diluar sana yang dapat membantumu untuk memahami hasil SEOmu, beberapa diantaranya adalah 

  1. Google Analytics 

google analytics

Alat ini dapat mengetahui tentang pertumbuhan pengunjung kita, berapa lama pengunjung datang ke website kita, seberapa sering dan sejenisnya. Saya sudah membuat tutorial lengkapnya di : Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

  1. Google Search Console 

google search console

Adalah sebuah alat yang spesifik untuk melihat tentang performa website kita di mesin pencarian. Saya sudah membuat tutorial dasar lengkapnya di : Google Search Console untuk Pemula [Panduan dan Contoh]

  1. UberSuggest

Adalah alat yang dimiliki neil patel, salah satu digital marketer paling terkena di dunia. Dia memberikan alat untuk kita bisa menganalisis website kita dari segi SEO.Mulai dari riset keyword, mengaudit website kita secara teknikal, hingga melihat backlink. UberSuggest dapat diakses secara gratis namun kamu juga bisa membayar untuk informasi yang lebih lengkap.

  1. Alat lainnya

Terdapat banyak alat anaisis SEO lainnya, seperti SEMrush, MOZ, Ahrefs dan sejenisnya tapi berbayar dan cukup mahal. Ahrefs paling murah adalah $99. Untuk kamu yang baru mulai,mending nanti saja.


Tahapan Dalam SEO

Ada begitu banyak tahapan yang perlu dilalui untuk kita bisa mencapai posisi pertama, dari 5 aspek itu mungkin akan terlalu berat kamu yang baru ingin memulai. Kamu bisa memprioritaskan hal hal yang mendasar dalam SEO.

Berikut berapa hal yang perlu kamu lakukan jika ingin mulai bereksperimen dengan Search Engine Optimization.

1. Pastikan website kamu sudah ramah SEO

Maksudnya ramah SEO apa ? balik kebagian teknikal, karena website kamu dilihat oleh mesin maka kamu perlu memastikan website kamu mudah dibaca oleh mesin tersebut. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Menggunakan Sitemap agar mudah di telusuri Google
  2. Install search console untuk memantau performa (Panduan Search Console : Google Search Console untuk Pemula [Panduan dan Contoh])
  3. Menggunakan tema yang ringan dan dioptimasi untuk mobile/smartphone
  4. Tidak memblok mesin Google untuk mencari websitemu
  5. Tidak melakukan hal hal yang bisa dianggap spam seperti komen diribuan komen

1. Lakukan keyword research

Ketika kamu ingin menulis sesuatu, hal yang perlu kamu tahu adalah apa kata kunci yang banyak digunakan orang untuk mencari sesuatu. Misalkan kamu ingin menulis tentang cara membuat desain dengan adobe illustator maka kamu perlu tahu apa kata kunci yang terkait. Kamu dapat menggunakan ubersuggest untuk mengetahuinya.

Dari tabel diatas, kamu bisa menemukan kata kata kunci yang banyak dicari oleh masyarakat indonesia terkait dnegna adobe illustator. Langkah selanjutnya adalah menyusun kata kunci tersebut menjadi sebuah artikel yang insightful dan bermanfaat.

2. Menulis dengan mempertimbangkan SEO

Terdapat anekdot jika tulisan SEO tida kenak dibaca karena rangkaian kata-kata sering dipaksakan agar search engine dapat membaca dengan mudah, padahal kita menulis pada akhirnya untuk manusia. 

Menulis untuk SEO sama saja dengan ketika kamu menulis untuk media lainnya, tujuan utamanya adalah orang yang membacanya dapat “engage”dengan tulisan kamu. Nah untuk SEO, kamu cuma perlu menyesuaikan beberapa hal, seperti kata kunci pada judul, pada sub-heading, dan sejenisnya.

Kamu bisa menggunakan plugin seperti Yoast untuk membantu kamu mengukur apakah tulisan kamu sudah cukup “SEO-friendly” atau belum.

3. Promosikan Konten atau Tulisanmu

Ketika kamu sudah memiliki tulisan yang solid, langkah selanjutnya adalah mempromosikan tulisan tersebut di platform yang ramai yaitu sosial media. Kamu bisa mempromosikan tulisanmu mulai dari instagram, twitter, facebook atau list emailmu.

Kenapa promosi ini penting ? karena dengan promosi ini dapat menciptakan penyebaran tulisanmu lebih cepat. Selain itu dengan promosi konten ini, kamu bisa mendapatkan backlink dari orang yang menganggap bahwa kontenmu valuable.

Untuk kamu yang baru memulai, kamu tidak perlu melakukan banyak hal hal yang teknis atau banyak mengeluarkan uang seperti outreach. Yang kamu butuhkan adalah pengalaman mendapatkan pembaca konstanmu setiap hari dari search engine.

4. Repeat

Kalau kita kembali menggunakan gambar diatas, SEO adalah proses yang lama. Kamu tidak akan mendapatkan hasil jutaan pengunjung setelah publikasi 10 artikel selama seminggu. 

Kamu perlu terus memproduksi konten, mencari kata kunci yang tepat, mengoptimasi websitemu agar lebih di sukai Google dan seterusnya. 

Dengan konsistensi kamu, kamu akan kaget jika tiba tiba kamu menjangkau 100.000- 10.000.000 pengunjung perhari. Semua blogger besar dimulai dari website yang cuma punya 1 kunjungan setiap hari. 

3per3-SEO

Kesimpulan

Sekarang kamu ada gambaran yang lebih jelas tentang apa itu seo, kenapa seo itu penting dan apa saja yang perlu kamu ketahui di SEO. 

Ada begitu banyak hal tentang SEO yang perlu kamu pelajari, saya sendiri juga masih belajar tentang SEO. Itu mengapa saya membuat website di tahun 2020, karena cara terbaik untuk belajar SEO adalah membuat website sendiri

Jika kamu membaca tulisan ini sampai habis, kemungkinan besar kamu adalah seseorang yang memiliki website ataupun tertarik dengan digital marketing. Pada Website ini saya membahas berbagai macam topik tentang digital marketing, mulai dari tutorial ataupun tips & trik. Berikut beberapa tulisan saya lainnya :

  1. Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips
  2. Facebook Ads Tutorial 2020 [Tahapan Lengkap + Contoh dan Hasil Iklan]
  3. Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]
  4. Email Marketing : Panduan Cara Menggunakan Secara Gratis! [2020]
  5. Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Selain menulis pada website ini, saya juga menjawab pertanyaan di Quora. Saya menjawab pertanyaan tentang digital marketing, startup atau topik sejenisnya. Kamu dapat menjawab beberapa jawaban saya di Quora Ihsan Santoso

Subscribe untuk update tutorial, tulisan dan materi terbaru. Gratis

Artikel Terbaru

Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips

Ketika kamu menemukan artikel ini kemungkinan besar kamu sedang bertanya tanya, bagaimana ya caranya untuk mulai belajar digital marketing ? mungkin kamu...

Marketing Funnel : Cara Profit Terus Menerus [Panduan + Contoh]

Ketika membangun sebuah usaha, kamu seperti membuat sebuah "jalan tol". Perlu ada perencanaan terlebih dahulu agar usaha kamu dapat berjalan dengan lancar....

Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Bagaimana cara membuat website dengan wordpress ? kamu datang di artikel yang tepat, karena...

Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Pada artikel ini akan dibahas tentang fungsi google analytics, cara memasangnya serta cara membaca google analytics. Kamu juga akan melihat data asli...

Google Search Console untuk Pemula [Panduan dan Contoh]

Ketika kamu mencari tentang artikel ini, mungkin kamu ingin mengetahui cara menggunakan google search console. Selain cara menggunakan, kamu datang artikel yang...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox