Punya Uang Lebih Untung Mana, Investasi Emas atau Tanah?

Tidak semua orang yang memiliki banyak uang tahu apa yang harus dilakukan dengan hartanya. Kadang ada yang hanya menyimpannya di bank lalu dipakai sedikit demi sedikit. Akhirnya setelah beberapa tahun, uangnya habis begitu saja.

Nah, daripada uang lenyap begitu saja dan membuat Anda kebingungan saat masa tua, kenapa tidak melakukan investasi saja?

Investasi Emas atau Tanah?

Kalau memiliki cukup uang, investasi apa yang harus dipilih, emas atau tanah? Pertanyaan ini sering sekali muncul dan membingungkan banyak orang. Kalau Anda bingung akan melakukan investasi emas atau tanah, simak beberapa panduan di bawah ini.

1. Jumlah Modal yang Dimiliki

Tentukan jumlah modal Anda saat ini. Kalau jumlah modalnya besar dan sampai miliaran rupiah, investasi tanah bisa diambil. Sementara itu kalau modalnya tidak terlalu banyak, investasi emas bisa dilakukan.

Saat ini investasi emas bisa dilakukan dengan membeli emas batangan seperti dari Antam mulai ukuran 5 gram. Kalau tanah, saat ini harga minimal di kota besar sudah ratusan juta rupiah.

2. Likuiditas Produk Investasi

Kalau masalah uang Anda tidak memusingkannya, perhatikan masalah likuiditasnya. Kalau melakukan investasi emas, likuiditas produk cukup besar. Kapan saja butuh uang untuk modal usaha bisa langsung dicairkan.

Hal seperti ini agak berbeda kalau Anda melakukan investasi tanah. Dalam satu hari atau satu minggu, belum tentu aset Anda akan laku terjual. Kalaupun ada yang mau membeli, mereka akan menawar harga dari yang sudah Anda tetapkan.

3. Kenaikan Nilai Modal

Harga emas murni saat ini sekitar Rp800 ribuan per gram. Harga tahun 2019 atau tahun lalu sekitar Rp600 ribuan per gram. Jika dilihat sekilas ada kenaikan harga cukup signifikan dalam satu tahun terakhir.

Harga tanah juga mengalami kenaikan. Namun, setiap daerah harganya bisa berbeda. Kalau daerahnya pinggiran naiknya bisa rendah. Sementara itu di kota besar atau kawasan industri, harganya bisa melejit.

Setelah memperhatikan tiga poin di atas, simpulkan sendiri mana yang paling baik untuk investasi. Apakah harus investasi emas atau tanah semua tergantung dengan preferensi Anda. Terpenting dari semua, lakukan dengan hati-hati agar risiko rugi tidak besar.

Oh ya, selain berinvestasi, sekarang kamu bisa loh memulai usaha dengan modal kecil. Temukan tentang ide peluang usaha pada artikel-artikel menarik di blog Qazwa. Semoga bermanfaat! Selain blog, saya juga menulis jawaban di Quora : Quora Ihsan Santoso

Subscribe untuk update tutorial, tulisan dan materi terbaru. Gratis

Artikel Terbaru

Google Search Console untuk Pemula [Panduan dan Contoh]

Ketika kamu mencari tentang artikel ini, mungkin kamu ingin mengetahui cara menggunakan google search console. Selain cara menggunakan, kamu datang artikel yang...

Template Carousel Instagram dan Linkedin [Gratis + Tanpa Syarat]

Kamu sekarang bisa mulai membuat desain konten slide (carousel) dengan alat sederhana yaitu PowerPoint. Saya membuat 5 template sederhana yang bisa kamu...

Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Pada artikel ini akan dibahas tentang fungsi google analytics, cara memasangnya serta cara membaca google analytics. Kamu juga akan melihat data asli...

Hijrah ke Digital Marketing Untuk Profit Yang Berkelanjutan

Hijrah, mungkin kata ini sering digunakan untuk konteks spiritual. Kenyataanya hijrah ini juga bisa bisa gunakan untuk konteks usaha. Inti dari hijrah...

Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Bagaimana cara membuat website dengan wordpress ? kamu datang di artikel yang tepat, karena...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox