Jenis Investasi Favorit Berdasarkan Umur. Kamu yang Mana?

Investasi bisa dilakukan oleh siapa saja berapapun usianya. Kalau saat ini Anda berusia 20-an tahun dan baru lulus kuliah pun bisa melakukannya. Selanjutnya meski usia Anda sudah mencapai 50-an tahun, investasi juga bisa dilakukan dengan benar dan menghasilkan untung.

Nah, apa saja jenis investasi favorit sesuai umur yang menghasilkan banyak keuntungan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Usia 20-an Tahun

Usia 20-an tahun atau masih belasan tahun termasuk usia yang belum matang. Walaupun Anda sudah mendapatkan pekerjaan, jumlah dana yang terkumpul untuk investasi tidak banyak. Namun, bukan berarti tidak bisa melakukan investasi menguntungkan.

Anda bisa mulai berinvestasi ke sektor yang mudah seperti emas. Selain risikonya kecil untuk rugi, likuiditasnya juga tinggi. Kapan saja dibutuhkan Anda bisa segera menjualnya.

2. Usia 30-an Tahun

Usia 30-an tahun merupakan usia matang. Dari segi keuangan, Anda juga sudah mulai mapan. Simpanan uang semakin banyak sehingga pilihan untuk melakukan investasi semakin besar.

Karena masih berada di usia produktif, Anda disarankan untuk melakukan investasi yang lebih agresif agar mendatangkan untung besar. Jenis investasi yang bisa dilakukan berjenis saham atau reksadana. Kelebihan uang bisa digunakan untuk investasi usaha seperti fashion atau makanan.

Sebelum melakukan investasi ada baiknya untuk melakukan riset dengan benar. Jenis investasi agresif umumnya memiliki risiko yang besar pula. Kalau salah bisa saja menyebabkan kerugian.

3. Usia 40-an Tahun

Semakin tinggi usia, jenis investasi yang dipilih mulai rendah tingkat agresifnya. Selain itu faktor risiko kerugian juga semakin menurun. Anda sudah dianjurkan untuk mendapatkan keuntungan tetap guna menyambut hari tua.

Jenis investasi yang bisa dipilih meliputi obligasi dan reksadana. Anda juga bisa memilih investasi tanah untuk keperluan jangka panjang. Apalagi usia 40-an tahun Anda harus memikirkan pensiun.

4. Usia 50-an Tahun ke Atas

Memasuki usia 50-an tahun, ambisi untuk melakukan investasi dengan risiko tinggi harus diturunkan. Anda harus memikirkan jenis investasi yang pasti mendatangkan keuntungan dalam jumlah banyak dan durasi waktunya pendek, maksimal 1-2 tahun saja.

Investasi yang bisa dipilih adalah obligasi atau yang tunai berjenis peer to peer. Selanjutnya investasi berisiko rendah seperti emas juga bisa dipilih. Investasi properti yang dimulai usia 40-an tahun masih bisa dilanjutkan.

Berapapun usia Anda saat ini coba lakukan investasi syariah di qazwa.id. Platform ini sudah terdaftar di OJK dan menawarkan peluang keuntungan sampai 24% setahun. Setoran pertama investasi di Qazwa hanya Rp5.000 saja. Cukup terjangkau, kan?

Oh ya, selain berinvestasi, sekarang kamu bisa loh memulai usaha dengan modal kecil. Temukan tentang ide peluang usaha pada artikel-artikel menarik di blog Qazwa. Semoga bermanfaat! Selain blog, saya juga menulis jawaban di Quora : Quora Ihsan Santoso

Subscribe untuk update tutorial, tulisan dan materi terbaru. Gratis

Artikel Terbaru

Google Search Console untuk Pemula [Panduan dan Contoh]

Ketika kamu mencari tentang artikel ini, mungkin kamu ingin mengetahui cara menggunakan google search console. Selain cara menggunakan, kamu datang artikel yang...

Template Carousel Instagram dan Linkedin [Gratis + Tanpa Syarat]

Kamu sekarang bisa mulai membuat desain konten slide (carousel) dengan alat sederhana yaitu PowerPoint. Saya membuat 5 template sederhana yang bisa kamu...

Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Pada artikel ini akan dibahas tentang fungsi google analytics, cara memasangnya serta cara membaca google analytics. Kamu juga akan melihat data asli...

Hijrah ke Digital Marketing Untuk Profit Yang Berkelanjutan

Hijrah, mungkin kata ini sering digunakan untuk konteks spiritual. Kenyataanya hijrah ini juga bisa bisa gunakan untuk konteks usaha. Inti dari hijrah...

Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Bagaimana cara membuat website dengan wordpress ? kamu datang di artikel yang tepat, karena...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox