Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips

Ketika kamu menemukan artikel ini kemungkinan besar kamu sedang bertanya tanya, bagaimana ya caranya untuk mulai belajar digital marketing ? mungkin kamu adalah seorang mahasiswa, pengusaha atau siapapun yang ingin penasaran dengan digital marketing. 

Ketika ingin memulai digital marketing, kebanyakan orang yang baru mulai bingung dan memiliki pertanyaan “Mulai dari mana ya ?”. Digital marketing memang memiliki banyak cabangnya dan hal itu yang membuat orang jadi pusing diawal padahal dasar dari digital marketing sederhana yaitu

“Menggunakan berbagai macam taktik untuk memengarhui target untuk melakukan tindakan yang kita inginkan entah belanja, donasi atau lainnya melalui teknologi digital”

Website saya ini akan membahas banyak hal mengenai digital marketing, mulai dari dasar, praktik hingga eksperimen. 

Netizen : Kemudian apa saja sih yang akan dipelajari ?

Apa Saja Kategori Belajar Digital Marketing

  • Digital Marketing

Basic digital marketing ini adalah tentang kamu memahami bagaimana caranya digital marketing bekerja. Mulai tentang menentukan tujuan, memahami bagaimana konsumen bereinteraksi dengan brand kamu, bagaimana tahapan dalam proses pembelian di brand kamu hingga memelajari apa saja yang perlukan untuk mencapai tujuan tersebut dengan taktik dan strategi dari masing masing cabang digital marketing.

  • Consumer Journey 

Ketika sedang memelajari consumer journey, kamu akan memahami perjalanan seorang konsumen dari mulai bagaimana pertama kali mereka menemukan kebutuhan/keinginan, hingga melakukan pembelian kembali. Kamu akan memetakan berbagai macam tahapan yang dilalui oleh berbagai macam jenis konsumen mu.

  • Funnel Marketing

Funnel marketing mirip seperti consumer journey, namun ketika consumer journey itu tentang memetakan apa saja yang konsumenmu lakukan sehingga pada akhirnya melakukan pembelian. 

Funnel marketing membahas tentang tahapan tahapan besar dari berbagai macam jenis konsumen, misalkan tahapan awareness dimana konsumen baru tau tentang brand/produk hingga konsumen melakukan action yaitu pembelian.

  • Landing Page Optimization

Iya, kamu memang bukan seorang developer ataupun coder namun sebagai seorang digital marketer kamu harus mampu membuat funnel salah satu funnel adalah webiste.

Dengan berkembangnya teknologi kamu bisa membuat landing page sederhana tempat konsumen kamu bisa berinteraksi dengan brand kamu untuk mendapatkan informasi yang lengkap.  Walaupun untuk longterm memiliki website sendiri tentunya akan lebih baik, kamu bisa membuat website sederhana dengan wordpress misalkan.

Jika kamu tertarik untuk membuat sebuah website, kamu dapat membaca tutorial saya tentang cara membuat website dengan wordpress.

cara membuat website dengan wordpress

Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

  • Copywriting

Copywriting intinya adalah bagaimana cara kamu membuat tulisan yang dapat memengaruhi konsumenmu, untuk berpindah dari satu tahap ke tahap lainnya. Menulis copywriting berbeda dengan menulis caption atau tweet personal karena tujuannya adalah memengaruhi calon konsumen dalam tulisan pendek dan durasi yang singkat.

  • Social Media Marketing

Sosial media mungkin menjadi rumah digitalmu, dimana kamu menghabiskan banyak waktumu dan kebanyakan orang juga seperti itu. Sosial media marketing adalah upaya kamu membangun hubungan baik kepada calon konsumen atau konsumenmu. Sosial media apa yang digunakan ? Tergantung dengan target konsumenmu. Coba pilih satu sosmed yang kamu jadikan prioritas.

  • Email Marketing

Kamu suka mendapatkan email promo seperti gambar diatas ? Itulah salah satu bagian dari email marketing. Pada email marketing kamu bisa membangun hubungan dengan pengguna/subscriber kamu. Kamu bisa mengirimkan konten menari atau promo promo untuk mendorong penjualan.

  • Paid Marketing

Ketika kamu search sesuatu pernah lihat iklan ? Ketika browsing web berita pernah lihat iklan ? Pernah nonton YouTube atau main sosmed liat iklan ?

Itu semua adalah paid marketing. Dengan paid marketing kamu bisa mejangkau ratusan juta pengguna internet secara cepat, tapi ya bayar. Dua jaringan iklan Paling besar adalah YouTube Dan Facebook.

Kalau kamu penasaran dengan facebook marketing, kamu bisa baca artikel tutorial saya di

facebook ads tutorial

: Facebook Ads Tutorial 2020 [Tahapan Lengkap + Contoh dan Hasil Iklan]

  • Influencer Marketing

Kalau kamu suka buka IG atau YouTube, kamu pasti pernah melihat orang orang dengan banyak follower alias selebgram atau YouTuber mempromosikan suatu produk atau brand.

Apa tujuan produk membayar influencer untuk memasarkan barangnya ? Tentu saja untuk meningkatkan awareness hingga penjualan dari produk tersebut.

Sebagai pemasar handal kamu harus bisa bekerja sama dengan influencer yang sesuai target audience, dengan dampak yang besar serta harga yang masuk akal.

  • SEO

Mencari sebuah kata kunci kemudian kamu memilih hasil pencarian yang paling atas? Nah, itu adalah goal dari SEO alias search engine optimization. SEO bertujuan agar website kita berada di posisi atas mesin pencarian seperti google, bing atau bahkan youtube.

Ketika website kita bisa berada di posisi pertama dari hasil pencarian, kita bisa mendapatkan traffic/kunjungan yang tinggi.

Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika sedang melakukan SEO, mulai dari struktur tulisan, kualitas tulisan, link yang menuju website kita dan seterusnya.

  • Video Marketing

Dengan berkembangnya teknologi salah satunya adalah askes internet yang semakin murah, menjadikan orang semakin terbiasa mengonsumsi media berupa video.

Video mareting disini banyak jenisnya, mulai dari video tentang tutorial, iklan, campaign, content dll. Dengan banyaknya jenis video, calon konsumen dapat memahami pesan yang disampaikan oleh brand.

  • Content Marketing

Sejatinya content marketing ini mirip dengan video marketing, dimana content marketing tidak spesifik pada satu saluran melainkan pada setiap salursan terdapat content marketing.

Content marketing yang baik adalah content yang dapat memberikan value berupa informasi ataupun hiburan kepada audiencenya. Kamu pasti saat ini sedang memfollow sebuah brand atau personal yang kamu anggap dapat memberikan informasi ataupun hiburan.

  • Affiliate Marketing

Apakah kamu pernah melihat bahwa terdapat orang orang yang suka mempromosikan barang baik digital maupun fisik di sosial media dan memberikan lin dengan suatu kode ? Kemungkinan besar itu adalah affiliate marketing.

Affiliate marketing adalah sebuah taktik digital marketing untuk mendorong penjualan dengan bantuan pihak luar. Biasanya affiliate marketing ini bersifat fee based dimana kamu sebagai pemasar akan membayar sebagian presentare nilai jualan setiap ada penjualan yang masuk.

  • Marketing Analytics

Sebagai seorang digital markter, memahami data adalah sebuah keharusan karena pada akhirnya yang membuat digital marketing berbeda dari markteing konvensional adalah data. Ketika sesesorang sedang berinteraksi dengan aktvitas digital marketing kita, mereka akan meninggalkan data yang berfungsi untuk kita analisis.

Salah satu alat yang paling populer untuk digital marketer pemula adalah google analytics. Google analytics ini membantu kita untuk memahami perilakuk pengunjung website dan juga mobile apps. Data yang diberikan efektif untuk mengukur keberhasilan aktivitas digital marketing yang kita lakukan.

Kamu dapat membaca tutorial lengkap tentang google analytics di tutorial yang sudah saya buat.

strategi marketing

 

Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Netizen : Bang banyak banget ya, terus ini mulai belajar dari mana ?

Sumber Belajar Digital Marketing

Nah bagi saya, sumber mempelajari digital marketing itu bisa dibagi jadi 2 variabel, yaitu bahasa dan biaya. Ada tempat kita belajar dengan bahasa indonesia atau inggris baik gratis atau berbayar. Nah ini dia beberapa referensinya :

Bahasa indonesia gratis :

  • Elimarketer
  • Rico huang
  • Dewaweb.com
  • Panduanim.com
  • Ihsansantoso.com (semoga bisa jadi referensi hehe)

Bahasa indonesia berbayar :

  • Purwadika Startup School
  • Dumetschool
  • Skill academy by Ruangguru

Bahasa Inggris gratis :

Bahasa Inggris Berbayar :

  • Coursera.com
  • Linkedin.com > Linkedin Learning
  • Udemy.com
  • Skillshare.com
  • Udacity.com

Kalau saya pribadi ketika sudah tau apa saja yang perlu dipelajari (kategori- kategori diatas), kemudian saya mencoba daftar di google academy dan facebook academy. Walaupun keduanya spesifik membahas produk iklan mereka, namun disana kita juga dapat insight lebih luas selain google ataupun facebook ads.

Selain 2 platform itu, saya suka membaca artikel artikel dari blog expert digital marketing seperti neilpatel, brian dean, dan masih banyak lagi. Mereka para digital marketing expert juga sering sharing via tweet. Jadi kamu bisa follow mereka mereka ini.

Netizen : Thanks bang informasinya, tapi ini kan ada banyak banget ya. Mulainya dari mana dulu ? ada Tips nggak ?

Tips Belajar Digital Marketing

  1. Untuk memulainya kamu pertama kali harus paham dulu sebenarnya apa tujuan digital marketing dan bagaimana tahapan tahapannya ? 
  2. Pilih satu sumber yang bisa memberikan kamu gambaran umum tentang digital marketing, misal google atau facebook tadi
  3. Pilih salah satu bidang yang ingin kamu kuasai, misal SEO
  4. Buatlah sebuah website tentang hal yang kamu suka, gunakanlah platform yang sederhana seperti wordpress. Kamu bisa baca tutorialnya disini : Cara Membuat Website Dengan WordPress [Gratis E-book panduan]
  5. Cobalah menjual sesuatu dengan digital marketing secara organik, hindari mengeluarkan banyak uang untuk ads.
  6. Magang atau bekerja untuk sebuah perusahaan karena budgetnya besar dan bisa akses tools yang mahal.
  7. Ikut komunitas komunitas digital marketer atau follow digital marketing untuk tau trend dan update.

Kesimpulan

Apakah kamu sekarang sudah dapat gambaran tentang apa saja yang perlu kamu ketahui ketika ingin belajar digital marketing ?

Belajar digital marketing tidak selesai ketika kamu menyelesaikan sebuah course/kursus atau menyelesaikan sebuah buku atau video. Teknologi terus berkembang sehingga proses belajarnya juga tidak akan pernah berhenti.

Untuk kamu yang baru mau mulai, selamat belajar. Mari kita belajar, sharing dan diskusi bersama sama.

Ihsan Santoso
Digital Marketing Enthusiast

Subscribe untuk update tutorial, tulisan dan materi terbaru. Gratis

Artikel Terbaru

Google Search Console untuk Pemula [Panduan dan Contoh]

Ketika kamu mencari tentang artikel ini, mungkin kamu ingin mengetahui cara menggunakan google search console. Selain cara menggunakan, kamu datang artikel yang...

Template Carousel Instagram dan Linkedin [Gratis + Tanpa Syarat]

Kamu sekarang bisa mulai membuat desain konten slide (carousel) dengan alat sederhana yaitu PowerPoint. Saya membuat 5 template sederhana yang bisa kamu...

Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Pada artikel ini akan dibahas tentang fungsi google analytics, cara memasangnya serta cara membaca google analytics. Kamu juga akan melihat data asli...

Hijrah ke Digital Marketing Untuk Profit Yang Berkelanjutan

Hijrah, mungkin kata ini sering digunakan untuk konteks spiritual. Kenyataanya hijrah ini juga bisa bisa gunakan untuk konteks usaha. Inti dari hijrah...

Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Bagaimana cara membuat website dengan wordpress ? kamu datang di artikel yang tepat, karena...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox