Marketing Mix 7P: Pengertian Beserta Contoh Aslinya

Marketing Mix 7P wajib diterapkan untuk bisnis modern, karena setiap komponen dan penerapannya bisa menunjang bisnis apa pun di era modern, termasuk era digital seperti sekarang.

Sejarah Singkat Ditemukannya Marketing Mix 7P

Konsep Marketing Mixawalnya ditemukan pada tahun 1960-an oleh Neil H. Borden, seorang profesor yang menggabungkan konsep Marketing Mix milik James Culliton.

Namun, kemudian yang dikenal sebagai penemu Marketing 4Padalah Jerome McCarthy. Marketing 4P: Product, Place, Price, & Promotion. Lalu pada tahun 1981, Booms dan Bitner menambahkan 3 komponen lagi, yaitu Physical Evidence, People, & Processes.

Baca Juga : Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduan Lengkap 2020]

Marketing Mix 7P: Pengertian Beserta Contoh Aslinya

Sebelum kamu memulai bisnis, baik bisnis konvensional maupun startup, ada baiknya kamu cermati pengertian dan contoh Marketing Mix 7P berikut ini. Agar bisnismu berada di jalan yang tepat.

Product (Produk)

Produk meliputi produk/benda, jasa, atau pengalaman. Jadi, semua hal yang bisa dijual adalah produk. Pastikan produk yang kamu jual mampu memenuhi kebutuhan dan ekspektasi target market.

Jangan sampai konsumen kamu kecewa dan gagal repeat order. Biasanya apa yang membuat konsumen kecewa? Yaitu produk yang ditampilkan di website/ toko online berbeda dengan aslinya. Saat mulai membuka bisnis, pastikan kamu menyertakan detail produk sejelas mungkin.

Place (Lokasi)

Di dalam konsep Marketing Mix 7P, place/ lokasi meliputi tempat yang kamu pilih untuk mendistribusikan produk atau jasa. Tidak hanya berupa toko offline di tempat strategis, tetapi juga gudang, toko online di e-commerce dan sosial media.

Untuk mengetahui lokasi yang tepat, kuncinya adalah mengetahui siapa target market-mu, apa yang mereka inginkan dan butuhkan, serta syarat apa yang harus ada agar mereka mau membeli.

Baca Juga : Facebook Ads Tutorial 2020 [Tahapan Lengkap + Contoh dan Hasil Iklan]

Price (Harga)

Harga yang kamu banderol harus mencerminkan nilai produk kamu di mata konsumen. Cari tahu nilai produk kamu dengan cara segmentasi pasar berdasarkan demografi, geografis, psikografis, dan perilaku.

Promotion (Promosi)

Sekali lagi, lakukan segmentasi pasar. Ketahui di mana target market yang akan kamu bidik, lalu lancarkan serangan. Bisa melalui alat promosi tradisional maupun digital (e-commerce dan sosial media).

Physical Evidence (Tampilan Fisik)

Di dalam Marketing Mix 7P, ada dua jenis physical evidence, yaitu bukti yang menunjukkan bahwa bisnis kamu memang ada, dan konfirmasi bahwa bisnis yang kamu jalankan memang ada dan nyata.

Contohnya adalah dengan membuat invoice, logo, brosur, struk, pengemasan, dan sejenisnya. Berikan ciri khas pada tampilan fisik agar mudah diingat oleh konsumen. Perhatikan bentuk, warna, dan pemilihan font.

People (SDM)

SDM yang unggul akan menjadikan bisnismu menonjol. Carilah orang yang tepat untuk kamu tempatkan di dalam bisnismu, mulai dari bagian produksi, manajemen, sampai marketing. Semuanya harus bisa berkolaborasi menjadi tim yang handal.

Processes (Proses)

Perhatikan setiap proses, mulai dari proses produksi sampai pendistribusian ke tangan konsumen. Di sini, ada beberapa aspek yang harus kamu evaluasi, antara lain penjualan, sistem pembayaran, prosedur distribusi, dan cara menangani konsumen.

Baca Juga : Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Contoh aslinya adalah Kopi Kenangan. Di tengah gempuran coffee shop yang menjamur, Kopi Kenangan masih menjadi salah satu yang diperhitungkan. Kamu bisa mempelajari bagaimana mereka memberikan promo, melayani konsumen, dan memilih lokasi.

Dengan melakukan analisis dan penilaian pada masing-masing aspek di Marketing Mix 7P, kamu pasti bisa membangun bisnis yang sehat dan terprogram dengan apik. Jika suatu saat ada kendala, kamu tahu dari mana harus menelusuri dan memperbaikinya.

Baca Juga : 4P Marketing MIX : Pengertian, Contoh, dan Studi Kasus


Semoga artikel ini dapat membantu kamuu untuk memahami apa itu 7P Marketing Mix. Untuk kamu yang ingin memelajari tentang digital marketing. Kita dapat berdiskusi untuk topik topik lainnya di Youtube saya.

Subscribe Youtube Ihsan Santoso untuk dapatkan pembahasan dan diskusi selanjutnya. Sampai jumpa di Youtube 🙂

Leave a Comment