Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Cara Membaca Google Analytics

Ini adalah tampilang awal google analyticsmu. kalau kamu melihat tampilan dashboard diatas mungkin akan membuatmu pusing, karena ada banyak informasi.

Cara Import Demo Data Google Merchandise

Apalagi kalau tidak ada datanya sehingga penjelasannya kurang konteks, saya akan menggunakan contoh google analytics ini dengan menggunakan data google merchandise store dan kamu juga bisa mengaksesnya.

Caranyanya cukup mudah, kamu tinggal membuka link Demo Account, kemudian login dengan akun google yang memiliki google analytics. Lewati bagian langganan email dan selesai, kamu sudah bisa mengakses dashboard https://shop.googlemerchandisestore.com/

Nah, setelah kamu bisa mengaksesnya, kamu akan mendapatkan dashboard dengan konteks yang lebih jelas.


5 Menu Utama Pada Google Analyitcs

Saya akan membahasnya permenu utama yang ada di google analytics, sebelum kita bahas permenu saya merangkum fungsi dari 5 menu utama seperti gambar dibawah

Jika kita sederhanakan, maka penjelasan dari masing masing menu tersebut adalah sebagai berikut : 

  1. Real-Time (Live) : adalah menu yang menjelaskan tentang kunjung website kamu secara real-time alias live. Jadi misal ada tulisan 100, berarti ada 100 orang yang sedang mengunjungi websitemu.
  2. Audiens (Audience) : Pada bagian audiens kamu akan mengetahui karakteristik dari pengunjungmu, mulai kota mereka berasa, hp yang digunakan, jenis jaringan hingga ketertarikan mereka berdasarkan pencarian mereka di google. 
  3. Akuisisi (Acquisition) : Akuisisi menjelaskan tentang bagaimana seorang pengunjung website dapat datang ke websitemu. Apakah itu dari google search, sosial media, iklan atau langsung datang ke websitemu.
  4. Perilaku (Behavior) : Pada bagian ini kamu dapat mengetahui tentang perilaku pengunjung website. Halaman apa saja yang didatangi, apa saja yang mereka lakukan, berapa lama dan sebagainya.
  5. Konversi (Conversion) : Ketika kamu membuat sebuah website, tentu saja kamu memiliki tujan tertentu apakah itu berjualan ataupun download file. Pada bagian ini kita bisa mengetahui tentang pencapaian dari tujuan tersebut.

Selain fungsinya, terdapat istilah istilah yang perlu kamu ketahui sebelum kamu membaca laporan google analytics.

  1. Pengguna (User) : jumlah orang yang data ke websitemu.
  2. Pengguna baru (New User) : jumlah pengunjung yang baru pertama kali mengunjungi websitemu.
  3. Sesi (Session) : jumlah kunjungan dalam satu sesi (standarnya 30 menit).
  4. Tayangan halaman (Pageview) : Jumlah halaman yang ditayangakan
  5. Sesi durasi (Session duration ) : rata-rata waktu yang dihabiskan setiap sesinya.
  6. Rasion Pantulan (Bouncerate) : rasio orang datang tanpa berinteraksi dengan website (klik tombol, memainkan video dan sejenisnya).
  7. Transaksi/goal (Goal) : pencapaian website terhadap sasaran yang ditetapkan, misal pembelian ada submit email.

Jika ada yang terlewat, kamu bisa membacanya dengan mengarahkan mousemu ke istilah tersebut. Contonya seperti ini 


Penjelasan 5 Menu Utama

Mungkin sekarang kamu ada gambaran dari masing masing menu, sekarang mari kita masuk ke masing masing menu. Kita akan masuk dari audiens (audience), kenapa tidak dari live ? nanti kamu akan tau setelah saya menjelaskan 4 menu lainnya.

1. Audiens

Ringkasan (Overview)

Pada bagian overview ini kamu dapat melihat ringkasan dari berapa orang yang datang ke websitemu, berapa halaman yang dibaca, berapa sesi kunjungan dan sebagainya. 

Pengguna aktif 

Pada bagian ini kamu akan mendapatkan informasi tentang berapa jumlah orang yang datang kewebsitemu dalam kurun waktu tertentu, 1/7/14/28 hari. Bagian n

Nilai umur (Skip)

Pada panduan ini saya akan melewatkan beberapa fungsi atau sub-menu yang menurut saya terlalu rumit untuk kamu yang ingin baru mulai. Saya akan menjelaskannya pada pembahasan google analytics lanjutan di lain waktu.

Analisis Kelompok

Analisis kelompok ini menunjukan seberapa “menempelnya” pengunjungmu  terhadap websitemu. Semakin besar angka presentase menunjukan semakin banyak pengunjung datang yang kembali ke websitemu.

Audiens (skip)

Audiens adalah salah satu fungsi yang cukup rumit karena perlu penyetelan diawal, jadi sementara kita lewati saja.

Demografi

Pada bagian ini, kamu dapat mengetahui tentang usia dan juga gender dari pengunjung websitemu

Minat

Minat ini membantu kita untuk mengetahui pengunjung kita berdasarkan kategori yang dimiliki Google. Berikut ringkasan dari 3 kategori tersebut :

  • Kategori Afiniitas : Ini adalah kelompok yang dibuat berdasarkan ketertarikan seseorang terhadap suatu topik
  • Segmen Dalam Pasar : kategori ini mengelompokan pengunjung berdasarkan hasil pencarian mereka di google.
  • Kategori Lainnya : Kategori ini dikelompokan berdasarkan ketertarikan pada suatu topik dan siap membeli hal tersebut.

Geografis

Seperti dengan namanya, menu ini memberikan informasi tentang darimana (geografis) berasal serta bahasa apa yang mereka gunakan.

Perilaku (skip)

Kita lewati pada panduan kali ini karena cukup rumit, kita akan bahas di panduan lanjutan dilain waktu.

Teknologi

Teknologi menjelaskan tentang browser, sistem operasi serta jenis jaringan yang digunakan.

Seluler

Mirip dengan bagian teknologi, tapi disini yang bisa kita ketahui adalah perangkat apa yang digunakan (desktop, hp, tablet) dan juga jenis alatnya (iphone xi, xiaomi redmi note 9, dst).

Lintas Perangkat (Skip)

Kita lewati pada panduan kali ini, kita akan bahas di panduan analytics lanjutan dilain waktu.

Kustom (Skip)

Kita lewati pada panduan kali ini, kita akan bahas di panduan analytics lanjutan dilain waktu.

Tolok Ukur

Bagian ini menjelaskan tentang perbandingan website kamu dengan website lain yang juga menggunakan google analytics. Kamu dapat membandingkan berdasarkan industri, negara, kunjungan perhari.

Alur Pengguna

Pada bagian ini kita akan melihat alur seorang pengunjung didalam websitemu. Informasi ini dapat memberikan gambaran tahapan apa saja yang dilakukan seorang penjung sebelum melakukan pembelian.


2. Akuisi

Berbeda dengan audiens yang dapat menjawab tentang “siapa”, pada bagian akuisisi pertanyaan yang dapat dijawab adalah “darimana ?”. Bukan secara geografis, tapi sumber kunjung seperti google, instagram, youtube dan sejenisnya.

Ringkasan (Overview)

Pendek kata, pada bagian ini kamu akan mengetahui darimana sumber kunjunganmu serta efektivitasnya masing masing sumber terhadap tingkat pembelian/konversi.

Semua Traffic

Sub-menu ini menjelaskan tetang darimana kunjunganmu secara lebih lengkap dibandingkan bagian ringkasan (overview).

Saluran

Saluran (channel) ini menjelaskan tentang dari saluran mana pengunjungmu datang, jenis saluran disini sudah ditentukan oleh google. Misalakan “organic search” yang artinya dari hasil pencarian google, ataupun direct yang berarti pengunjung langsung masuk ke website kamu seperti mengetik “ihsansantoso.com” di browsernya.

Peta Hierarki

Pada bagian in tidak berbada jauh pada bagian sebelumnya, namun kamu dapat melihat presentase masing-masing saluran berdasarkan presentase dengan grafik treemap seperti gambar diatas.

Sumber/Media

Jika 2 bagian sebelumnya menggunakan kelompok saluran dari google, maka pada bagian ini kita dapat melihat lebih detail dimana setiap website dipisahkan.

misal jika di saluran hanya disebutkan “organic search”, pada bagian ini kamu bisa menemukan “google” ataupun “baidu” (keduanya masuk pada “organic search”)

Rujukan

Rujukan ini berfokus pada kunjungan dari website lainnya, misalkan dari analytics ataupun dari facebook (walaupun jika menggunakan laporan saluran, facebook masuk ke kategori “sosial”).

Google Ads (Skip)

Kita lewati pada panduan kali ini, kita akan bahas di panduan dari analytics lanjutan dilain waktu dan jug ketika kamu sudah memahami google ads.

Search Console (Skip)

Kita lewati pada panduan kali ini, kita akan bahas di panduan analytics lanjutan dan setelah kamu sudah paham tentang search console.

Sosial

Jika sebelumnya ada rujukan yang berfokus pada website lain, pada bagian ini menjelaskan tetang bagaimana dampak sosial media terhadap websitemu.

Kampanye

Kita lewati pada panduan kali ini, kita akan bahas di panduan analytics lanjutan dilain waktu dan jug ketika kamu sudah memahami google ads.


3. Perilaku

Setelah kita mengetahui darimana saja pengunjung website kita berasal, pada bagian perilaku ini kita bisa mengetahui apa saja yang mereka lakukan di websitemu. Apakah mereka langsung pergi atau tertarik dengan website kita ?

Ringkasan

Pendek kata, pada bagian ini kamu akan melihat ringkasan dari kunjungan websitemu seperti berapa jumlah tayangan halaman, halaman mana yang paling populer, berapa lama pengunjungmu di websitemu dan sejenisnya.

Alur Perilaku

Alur perilaku pada menu perilaku ini sejatinya mirip dengan alur pengguna yang ada dimenu akuisisi. Bedanya pada sub-menu ini kita bisa mengelompokan halaman berdasarkan kategori yang kita buat (akan dibahas di pembahasan analytics lanjutan).

Konten Situs

Laporan ini menjelaskan data halaman dengan detail. Kamu bisa mengetahui halaman mana yang paling populer, berapa lama rata-rata setiap kunjungan, berapa persen yang masuk dari halaman tersebut dan seterusnya.

Kecepatan Situs

Kecepatan situs ini menjelaskan seberapa cepat loading websitemu. Hal ini menjadi hal penting karena semakin lama website termuat maka banyak yang keluar sebelum berkunjung. 

Penelusuran Situs 

Penelusuran situs berfungsi untuk mengetahui pencarian apa yang dilakukan oleh pengunjung website kita. Jika websitemu tidak memilikinya maka nilainya akan kosong.

Peristiwa 

Peristiwa ini memiliki fungsi yang penting untuk mengukur efektivitas website kita terutama jika websitemu digunakan untuk berjualan (bukan media). Kamu dapat mengetahui apa saja event (perilaku) yang terjadi pada websitemu, misalkan klik suatu tombol. 

Bagian ini sangat berkaitan denga google tag manager dimana kita bisa memasang pelacak.

Penayangan (skip)

Kita lewati pada panduan kali ini, kita akan bahas di panduan analytics lanjutan. Selain itu fungsi ini lebih cocok untuk website yang memasang adsense.

Uji coba (skip)

Kita lewati pada panduan kali ini, kita akan bahas di panduan analytics dan juga google optimize.

4. Konversi

Pada bagian ini kita bisa melihat tingkat kesuksesan website kita. Jadi pada analytics ini kamu dapat menentukan tujuan/sasaran pada websitemu. Misalkan membeli suatu barang, atau membaca artikelmu selama 5 menit.

Sasaran

Sub-menu sasaran ini menunjukan bagaiaman performa website kamu, apakah terdapat banyak pengguna yang memenuhi tujuan/sasaran. Kita akan membahasnya lebih dalam pada pembahasan analytics lanjutan.

E-commerce

Seperti pada pembahasan tutorial pembuatan website dengan wordpress, wordpress juga dapat digunakan sebagaian toko online/ e-commerce. Dengan adanya fitur ini, kamu dapat mengetahui informasi penjualan seperti barang apa yang paling laku, berapa rata rata transaksi dan sejenisnya.

Kita akan membahasnya lebih dalam pada pembahasan analytics lanjutan.

Funnel Multisaluran

Kita lewati pada panduan kali ini, kita akan bahas di panduan analytic lanjutan. Untuk bisa menggunakan terdapat pengaturan pada website yang kompleks untuk pemula.

5. Real-Time

Pendek kata, pada bagian ini yang kamu akan mengetahui rangkuman dari 4 menu sebelumnya secara live. Jika gambar diatas kamu dapat mengetahui jika terdapat 36 orang yang sedang mengakses website merchandise store google.


Jadi, Sekarang kamu sudah memahami fungsi-fungsi dasar dari google analytics. Dengan informasi dasar, kita dapat mengetahui tentang webiste kita jauh lebih dalam. Selamat sekarang kamu sudah memahami dasar dari google analytics


Kesimpulan

Pendek kata, google analytics adalah sebuah alat yang sangat membantu kamu memahami hubungan antara website kamu dan pengunjung websitemu.

Masih banyak fitur yang bisa dilakukan oleh google analyitcs, namun pada artikel ini saya tidak akan membahasnya karena hanya akan membuat kamu bingung untuk kamu yang baru pertama kali mengenal google analytics.

Tutorial yang saya buat ini hanya merangkum saja tentang google analytics, ada begitu banyak hal lain yang bisa kamu explore dari google analytics.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang google analytics maka kamu dapat mengunjunginya di https://analytics.google.com/analytics/academy/. Disana pembahasannya sangat lengkap + kamu bisa mendapatkan sertifikat langsung dari google dan gratis.

sertifikat - pemahaman dasar google analytics
ini bukan sertifikat asli, hanya bentuk apresiasi untuk kamu yang penasaran dengan google analytics.

Jadi kalau di website kamu belum terpasang alat analitik seperti google analytics, yuk segera pasang dan pelajari tentang penjungmu sekarang. Jika kamu ingin mendapatkan traffic yang cukup cepat hasilnya, kamu bisa mengguankan facebook ads. Baca tutorial selengkapnya disini : Facebook Ads Tutorial 2020 [Tahapan Lengkap + Contoh dan Hasil Iklan]

Subscribe untuk update tutorial, tulisan dan materi terbaru. Gratis

Artikel Terbaru

Belajar Digital Marketing : Kategori, Sumber Belajar + Tips

Ketika kamu menemukan artikel ini kemungkinan besar kamu sedang bertanya tanya, bagaimana ya caranya untuk mulai belajar digital marketing ? mungkin kamu...

Marketing Funnel : Cara Profit Terus Menerus [Panduan + Contoh]

Ketika membangun sebuah usaha, kamu seperti membuat sebuah "jalan tol". Perlu ada perencanaan terlebih dahulu agar usaha kamu dapat berjalan dengan lancar....

Cara Membuat Website Dengan WordPress [Panduang Lengkap 2020]

Bagaimana cara membuat website dengan wordpress ? kamu datang di artikel yang tepat, karena...

Apa itu Google Analytics ? [Panduan Lengkap Pemula 2020]

Pada artikel ini akan dibahas tentang fungsi google analytics, cara memasangnya serta cara membaca google analytics. Kamu juga akan melihat data asli...

Google Search Console untuk Pemula [Panduan dan Contoh]

Ketika kamu mencari tentang artikel ini, mungkin kamu ingin mengetahui cara menggunakan google search console. Selain cara menggunakan, kamu datang artikel yang...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox